Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta "Kado" Donasi, Tren Baru Perayaan Ulang Tahun Para Selebritas

Kompas.com - 06/06/2017, 11:35 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada tren baru di kalangan para pesohor hiburan Tanah Air saat merayakan ulang tahun. Belakangan sejumlah selebritas meminta "kado" dari para penggemarnya.

Namun kado itu bukan untuk diri sendiri, melainkan berupa donasi bagi anak-anak kurang beruntung.

Dari laman kitabisa.com, Kompas.com menghimpun ada tujuh pekerja hiburan yang melakukan aksi amal itu, menggalang dana untuk hadiah ulang tahun mereka.

Mari melihat penggalangan dana penyanyi Vidi Aldiano yang berulang tahun pada 29 Maret lalu.

Ia mengajak publik ikut berdonasi untuk membantu pendidikan seorang anak bernama Misbah.

Kini, Vidi sudah berhasil mencapai targetnya dengan mengumpulkan donasi sebesar Rp 16.677.907.

Kemudian ada Indro "Warkop". Pada ulang tahunnya 8 Mei 2017 lalu, pria berkepala plontos ini genap berusia 59 tahun.

[Baca juga: Ultah Ke-59, Indro Warkop Minta Hadiah lewat Kitabisa.com]

Karena itu, ia berniat mengumpulkan sebesar Rp 59 juta, sesuai umurnya, guna membantu anak-anak penderita kanker di Yayasan Pita Kuning. Terakhir sudah terkumpul Rp 17.353.563 dari penggalangan dana itu.

Aksi galang dana secara daring juga dilakukan oleh artis peran Tatjana Saphira yang pada 20 Mei lalu berulang tahun ke-20.

Lewat ini, ia ingin berbagai dengan seorang anak pejuang tumor otak bernama Kemal. Tatjana akhirnya mampu menggalang Rp 20.585.801 dari 82 penyumbang untuk meringankan biaya pengobatan Kemal.

Sama halnya dengan Tatjana, aktris Chelsea Islan pun sukses menggugah 38 penyumbang untuk mengumpulkan dana Rp 22.551.479 sebagai kado ulang tahunnya.

Hadiah donasi itu akan ia berikan kepada Muhammad Wildan Febrianto, seorang anak asal Yogyakarta, untuk membantunya sekolah.

Jejak Indro hingga Chelsea itu pun diikuti pula oleh penyanyi Raisa Andriana. Ia ingin berbagi hadiah ulang tahun berupa buku kepada anak-anak Indonesia.

[Baca juga: Ingin Beri Kado kepada Raisa? Begini Caranya]

Karena itu, Raisa menggalang dana guna menyediakan buku ke berbagai daerah. Sudah terkumpul Rp 22.329.741 dari 112 penyumbang, sedikit lagi Raisa bisa mencapai target Rp 27 juta.

Komika, pembawa acara, dan artis peran Pandji Pragiwaksono juga melakukan aksi serupa. Untuk ulang tahunnya pada 18 Juni mendatang, ia ingin merayakannya lewat ajakan membantu anak-anak pejuang kanker di Yayasan Pita Kuning Indonesia.

Pandji menargetkan Rp 20 juta dan sampai hari ini sudah berhasil mengumpulkan Rp 5.038.761.

Perayaan ulang tahun lewat Birthday Fundraising sebenarnya bukan hal baru. Layanan ini sudah disediakan oleh kitabisa.com sejak kira-kira dua tahun lalu dan tak terbatas untuk pesohor hiburan.

Dari data yang ada, hingga kini sudah 60 ulang tahun telah dirayakan lewat fitur itu dengan Rp 150 juta donasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com