Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Dewanto: Jadi "Dubber" Tidak Mudah

Kompas.com - 06/06/2017, 19:40 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Rio Dewanto menyulih suara untuk karakter Max, seekor anjing terrier dalam film animasi The Secret Life of Pets.

Menurut Rio, tidak mudah untuk menjadi seorang dubber meski sudah punya dasar berakting.

"Ini pertama kali jadi pengisi suara. Seru sih. Jadi dubber enggak semudah itu," kata Rio dalam jumpa pers di Hotel Grand Hyatt, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (6/6/2017).

Suami artis peran Atiqah Hasiholan itu mengungkapkan bahwa kesulitannya adalah dalam mengolah vokal.

[Baca juga: Atiqah Hasiholan-Rio Dewanto Sengaja Sembunyikan Jenis Kelamin Anak]

Jika dalam peran film Rio hanya terpaku berakting, dalam sulih suara Rio harus belajar tentang intonasi nada. Apalagi menyesuaikan antara suara dan bibir dari sang karakter.

"Karena men-dubbing sesuatu yang sudah jadi, saya harus menyesuaikan. Meskipun saya jadi anjing karakternya, tapi dia kan tetap interaksinya berdialog satu sama lain. Seru sih pas dengerin," kata dia.

[Baca juga: Sulih Suara Film The Secret Life of Pets Diisi Para Artis]

"Tapi yang paling susah menyamakan mulut itu. Kalau jadi dubber kartun kan take dulu, lalu mulut dan suara disesuaikan," ucapnya.

Selain Rio, ada sederet pesohor Tanah Air yang menjadi pengisi suara untuk karakter lainnya. Mereka adalah Ferry Salim sebagai Duke, Ichsan Akbar sebagai Snowball, Nycta Gina sebagai Gidget, Nina Tamam sebagai Katie, Bayu Oktara sebagai Tiberius, dan Aimee Saras sebagai Chloe.

Film The Secret Life of Pets mengisahkan kehidupan hewan peliharaan ketika pemiliknya meninggalkan rumah untuk bekerja atau sekolah.

Saat itulah para hewan peliharaan setiap harinya berbincang satu sama lain, berbagi cerita tentang pemilik mereka, dan melakukan kegiatan-kegiatan seru bersama.

Film itu akan tayang perdana di Indonesia bertepatan dengan pada 25 Juni 2017 pukul 19.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com