Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyanyi Lagu Lama "Story Book Children" Sandra Reemer Telah Tiada

Kompas.com - 07/06/2017, 20:12 WIB
Ati Kamil

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com --  Vokalis Sandra Reemer dari Belanda telah tiada. Perempuan yang lahir di Bandung pada 17 Oktober 1950 ini meninggal dunia pada Senin (6/6/2017) di Belanda karena kanker payudara.

Reemer pernah terkenal di Indonesia berkat nyanyian "Story Book Children", yang diduetkannya dengan penyanyi Belanda Andres Driesholten dan dirilis pada 1969.

Kabar duka itu disampaikan oleh manajernya pada hari yang sama.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh majalah Belanda De Telegraaf pada Maret 2017, Reemer berbicara secara terbuka mengenai kanker payudara yang dideritanya.

"Anda berpikir atau berharap itu (kanker) bukan apa-apa, itu akan hilang. Dokter keluarga saya mendesak saya untuk pergi ke rumah sakit, tetapi saya selalu memiliki beberapa alasan, mengapa kalau tidak usah pergi saja (ke rumah sakit). Akhirnya saya didiagnosis menderita penyakit kanker payudara," tuturnya ketika itu.

Baca juga: Riwayat Kanker Payudara Yana Zein

Semasa hidupnya, pemilik nama lengkap Barbra Alexandra Reemer ini  tiga kali mewakili Belanda sebagai peserta lomba lagu se-Eropa, Eurovision Song Contest.

Dalam Eurovision Song Contest, pada 1972 ia membawakan lagu "Als Het Om De Liefde Gaat" berdua Andres Driesholten. Mereka mencapai posisi keempat.

Pada 1976 ia menyajikan "The Party Is Over" dan menduduki urutan kesembilan.

Pada 1979, ia menggunakan nama Xandra dan menyuguhkan "Colorado", yang dicipta oleh Ferdi Bolland, suaminya ketika itu, Posisinya turun ke nomor 12.

Ia kembali ke lomba yang sama  pada 1983. Kali itu ia menjadi penyanyi pendukung untuk peserta bernama Bernadette, yang melantunkan "Sing Me A Song".

Pada 2014, ia menjadi pembawa acara pendamping untuk Eurovision in Concert.

Dalam kariernya sebagai vokalis, perempuan berdarah China ini juga terkenal berkat nyanyian duetnya bersama Andres Driesholten. Lagu-lagu yang mereka bawakan, antara lain, "Story Book Children" dan "True Love".

Reemer dan Driesholten bertemu untuk kali pertama pada 1966 di Utrecht, Belanda, dan pada tahun itu juga mereka menjadi duo.

Pada 1975, pasangan bernyanyi tersebut pecah. Driesholten membentuk duo baru bersama Rosy Pereira, yaitu Rosy & Andres. Sementara itu, Reemer berkarier solo sebagai vokalis dan pembawa acara televisi.

Di luar kariernya dalam industri hiburan, Reemer mendirikan sebuah yayasan yang menyokong pendidikan anak di negara-negara berkembang. Hingga beberapa tahun lalu, ia memimpin yayasannya itu.

Ia sendiri tidak punya anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com