Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Judika Menjaga Suara Tetap Prima

Kompas.com - 07/06/2017, 21:49 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai penyanyi yang memiliki karakter vokal rock, Judika mengaku sangat menjaga pita suaranya. Dia tidak mengonsumsi minuman dingin agar suaranya tetap prima.

"Kalau rocker kayak gue tuh sangat anti-minum es, gue enggak minum es sama sekali," kata Judika saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (7/6/2017).

"Begitu kena dingin, pita suara langsung beku dan mau ngambil nada-nada tinggi tuh agak susah," sambungnya.

Tidak hanya itu, Judika juga memiliki resep lain untuk mengatasi masalah pada suaranya.

[Baca juga: Judika: Bukan Hal Mudah Nyanyikan Lagu Ciptaan Nino "RAN" ]

"Yang penting minum air putih, kalau gue bilang tuh cari makanan dan minuman yang membantu," ungkap pria kelahiran 31 Agustus 1978 itu.

"Kayak kencur tuh yang udah pasti ampuh di kupas aja, digigit kayak permen, akan ngaruh banget ke pita suara, kecap jeruk nipis juga bisa," imbuhnya.

Ayah dua anak itu juga cukup ketat dalam mengatur waktu istirahatnya. Bagi Judika, hal ini penting untuk diperhatikan agar terhindar dari masalah dengan pita suaranya.

"Sebenernya lebih ke istirahat yang paling penting, kalau istirahatnya cukup biasanya suaranya pulih sendiri, yang susahnya adalah berusaha sehat di tengah padatnya kesibukan," tambah Judika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com