Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raline Shah Waspada Kanker Payudara

Kompas.com - 08/06/2017, 23:03 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kanker payudara, merupakan hal yang cukup membuat kaum wanita merasa ngeri.

Tak terkecuali bagi artis peran Raline Shah. Dirinya juga termasuk orang yang khawatir, terhadap risiko kanker payudara.

"Sangat khawatir (dengan risiko kanker payudara). Lebih lagi saya ada rumah singgah namanya Rumah Singgah Indonesia, yang ditempati oleh anak-anak yang mengidap kanker. Ternyata kita bisa mengidap kanker dari umur berapapun," kata Raline Shah ditemui di Rumah Singgah Yayasan Kanker Indonesia, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (7/5/2017).

Rumah Singgah Indonesia tersebut digagas Raline untuk mendukung para penderita kanker dari berbagai daerah dan usia.

[Baca: Raline Shah Tolak Komentari Foto Rumah Mewah Diduga Miliknya]

Kekhawatiran Raline juga semakin bertambah lantaran melihat ada pasien yang baru berusia empat tahun. Apalagi, penyebab kanker secara pasti juga belum banyak diketahui.

"Saya masih bingung apa yang bisa menyebabkan kanker. Menjadi dewasa di usia saat ini, sebisa mungkin ya hanya bisa jaga kesehatan dari nutrisi dan gaya hidup sehat," lanjut dia.

Menghadapi kekhawatirannya terhadap risiko penyakit kanker, Raline memilih untuk menjaga pola hidup sehat. Tak hanya itu, ia juga rutin melakukan pemeriksaan sendiri.

Bagi wanita berusia 32 tahun ini, meskipun kanker bukan penyakit yang mudah diobati, namun kanker dapat dicegah sejak dini.

"Kanker bukan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Kita sebagai wanita yang peduli, wajib mengecek payudara sendiri. Kita juga harus berusaha cek rutin supaya tidak ada hal yang tidak di inginkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com