Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kasmaran", Sebuah Tantangan untuk Jaz

Kompas.com - 09/06/2017, 19:36 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi pendatang baru, Aziz Hayat alias Jaz, menganggap singel keduanya yang berjudul "Kasmaran" sebagai sebuah tantangan. Itu lantaran untuk kali pertama ia membawakan lagu ciptaan orang lain.

Jika debut singelnya "Dari Mata" ia tulis dan aransemen sendiri, maka berbeda dengan "Kasmaran" yang diciptakan oleh Panji Sakti dan Bowo Soulmate.

"Kasmaran itu adalah singel baru saya. Adaptasinya buat (menyanyikan) lagu ini sih cukup sulit sih sebenarnya. Proses kreatifnya saya enggak ikutan apa-apa," kata Jaz saat berbincang di redaksi Kompas.com, di gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Jaz sampai-sampai membutuhkan waktu selama tiga hari untuk bisa masuk dan membangun chemistry dengan lagu itu.

"Butuh waktu tiga hari lah harus kayak misalnya denger-denger, terus gimana caranya saya menyampaikan pesan lagu ini," ujar Jaz.

[Baca juga: Ngabuburit Bareng Jaz di Redaksi Kompas.com]

 

Intinya, lanjut pria berdarah Indonesia-Brunei itu, menyanyikan lagu karya orang lain lebih sulit dibanding membawakan lagu ciptaan sendiri.

"Kalau lagu kita bisa diapa-apain, terserah kita. Kalau lagu orang, kita harus ikutin kayak bagaimana cara membawakan lagunya dan cara kita men-deliver message-nya ke orang-orang," kata Jaz.

 

Belum lagi, ketika take vocal untuk "Kasmaran", kondisinya sedang tidak fit. Alhasil, proses rekaman itu pun gagal dan harus diulang lagi.

"Sulitnya pas waktu rekaman itu emang enggak fit sih, suara udah ilang banget. Jadi enggak kekejar waktunya, jadi harus benar - benar nunggu, kayak gue harus mateng banget sama ini lagu, harus lebih revisi lagi apa sih yang kurang. Baru di-take lagi," kata Jaz.

[Baca juga: Siti Nurhaliza: Memakai Hijab adalah Perjalanan yang Indah]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com