Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Inhil Kawal Festival Budaya Pengantin Sahur

Kompas.com - 12/06/2017, 23:32 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

Sumber ANTARA

PEKANBARU, KOMPAS.com--Kepolisian Resor Indragiri Hilir, Provinsi Riau melakukan pengawalan kegiatan Festival Budaya Pengantin Sahur di Pasar Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu pada dini hari tadi.

"Untuk mengamankan kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 7.000 pengunjung ini, Polres Inhil menurunkan 60 orang Personel, dibantu oleh TNI dan panitia setempat," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Pokda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Minggu.

Festival Budaya Penganten Sahur ini, bertujuan membangunkan warga agar tidak ketiduran dan bisa segera makan sahur. Yang jadi pengantin adalah laki-laki, yang dirias menjadi sepasang pengantin pria dan wanita.

Pengantin itu ada yang mewakili Rukun Tetangga, Rukun Warga dan Dusun yang ada di Desa Pulau Palas. Sebagai kearifan lokal, Festival ini sudah berlangsung lama, semenjak tahun 1970.

"Festival ini selalu dilestarikan dan diselenggarakan pada setiap Bulan Suci Ramadhan, pada malam minggu," ungkap Guntur.

Pada pelaksanaan tengah malam itu ada 12 pasang pengantin yang ikut festival. Kriteria yang dinilai adalah kecantikan dan keserasian pasangan pengantin serta singgasana tempat pengantin akan diarak sekeliling Desa Pulau Palas.

Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung ketika memberikan sambutan, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah suatu hal yang sangat positif. Dia berharap tradisi ini dapat dilestarikan hingga menjadi event wisata lokal.

Untuk itu Kapolres menyatakan apresiasinya kepada masyarakat Desa Pulau Palas dan panitia penyelenggara, dan berharap tidak ada kendala dalam pelaksanaannya. Polres Inhil, kata dia, bersama masyarakat Desa Pulau Palas dan pengunjung dari daerah lain siap mengamankan kegiatan ini.

Festival Budaya Penganten Sahur selesai dilaksanakan pukul 02.30 WIB dalam keadaan aman terkendali. Acara kemudian dilanjutkan dengan makan sahur bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com