Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raline Shah Terbiasa Terlibat Kegiatan Sosial sejak Kecil

Kompas.com - 15/06/2017, 11:49 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Raline Shah (32) mengatakan kedua orangtuanya sudah memberi contoh pada anak-anak mereka untuk selalu terlibat dalam kegiatan sosial.

Bahkan Raline sudah diajak terlibat dalam beberapa kegiatan sejak dirinya masih kanak-kanak.

Raline mengatakan, ayahnya adalah Ketua PMI Sumut sedangkan ibunya memiliki yayasan pendidikan bagi anak-anak penyandang disabilitas di Medan.

"Jadi saya dapat melihat dengan mata kepala saya sendiri, mereka melakukan hal itu dengan ikhlas, dan menjadi contoh buat saya," ujar Raline saat ditemui di acara Wardah Ramadhan Gathering di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (14/6/2017).

Menurut Raline, berbagi kepada orang lain tidak selalu dalam bentuk materi, tetapi juga bisa dengan cara lain.

"Bahwa jika kita memiliki rezeki yang lebih, maka kita patut dan wajib untuk berbagi. Bukan hanya materi saja mungkin rezeki kita mungkin influencer, banyak followers di IG, dari situ mungkin kita bisa menginspirasi orang untuk berbagi," katanya.

"Atau kalau kita ibu mungkin kita bisa perhatian bukan hanya untuk anak kita saja, tapi juga lingkungan sekitar. Jadi kalau berbagi bisa apa saja dan dimana saja," imbuhnya.

Terinspirasi orangtuanya, kini Raline memiliki rumah singgah yang diberi nama Rumah Harapan Indonesia.

"Untuk Rumah Harapan Indonesia saya mulai tahun lalu dengan Ibu Valencia, sekarang ada enam rumah singgah, dulu saya jadi relawan di Three Little Angels, jadi dari situ saya kekeuh mau bikin rumah singgah sendiri," ujar pemain Surga yang Tak Dirindukan ini.

Meski rumah singgah itu  tak bisa menampung banyak orang, Raline berharap masyarakat bisa terbantu.

"Pastinya semoga rumah ini bisa menginspirasi orang bahwa kita bisa melakukan hal-hal yang besar dengan effort yang kecil dan juga biaya yang kecil," kata Raline.

Perempuan kelahiran 4 Maret 1985 itu mengaku rumah-rumah singgah itu disewa bukan miliknya sendiri.

"Semuanya juga dibantu orang sekitar lingkungan, jadi aku sangat bersyukur punya teman-teman yang ingin membantu," ungkapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com