Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andien Kembali Garap Album Indie seperti 17 Tahun Lalu

Kompas.com - 15/06/2017, 19:03 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah 17 tahun tak memproduksi albumnya secara mandiri alias indie, kini penyanyi Andien Aisyah (31) mencoba untuk kembali tak bergantung pada label musik mayor yang menaunginya.

Pada Agustus mendatang, Andien akan meluncurkan album terbarunya yang digarap secara mandiri.

"Ini album kedua yang diproduksi secara indie seumur hidupku. Setelah 17 tahun, keluarin album indie lagi," kata Andien saat sedang berkunjung ke Gedung Kompas Gramedia Majalah, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (15/6/2017).

"Banyak yang nanya, 'Kapan Andien bikin lagi album kayak dulu?'. Awal karier banyak yang nanya, 'Kok genre-nya (jazz) gini. Umur 14 tahun kayaknya enggak ngejual, gimana mau bertahan di industri musik?'," tambahnya.

Namun, seiring berjalannya waktu, banyak perubahan terjadi di dalam kariernya. Orang-orang di sekitarnya banyak yang menginginkan Andien membuat album seperti masa-masa awal sirinya terjun di dunia tarik suara.

"Dalam perjalanannya, banyak perubahan terjadi. Banyak yang minta, 'Bikin dong album kayak tahun 2000, 2002'. Akhirnya kami bikin album kayak dulu lagi dengan touch yang lebih dewasa dan main sekarang," kata pelantun "Let It Be My Way" ini.

Ibu satu anak ini menerangkan pula bahwa album terbarunya nanti memberikan tantangan tersendiri.

"Intinya dalam penggarapan album ini, kami menggarap karya 'swasembada' gini. Akhirnya jadi tantangan juga buat manajemen. Oh industri kayak gini. Biasanya kami tahu beres dan kalau buat era digital kayak sekarang ya harus ikuti alurnya aja," ujar pemilik nama lahir Andini Aisyah Hariadi ini.

Dalam waktu dekat, Andien memang belum memikirkan soal konser. Namun, hal itu akan menjadi pertimbangan di lain waktu.

[Baca juga: Suami Andien Jadi Fotografer Acara Pertunangan Raisa-Hamish]

"Kalau dalam waktu dekat, beberapa bulan ini kayaknya enggak, tapi itu patut dipikirkan. Beberapa bulan ini kita fokus ke album dan turnya nanti," pungkasnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com