Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Album Solo G-Dragon Dirilis dalam Format USB Flash Disk?

Kompas.com - 16/06/2017, 12:14 WIB
Sintia Astarina

Penulis

Sumber soompi.com

SEOUL, KOMPAS.com -- Pihak agensi YG Entertainment mengungkapkan alasan mereka merilis album solo G-Dragon "BIGBANG", Kwon Ji Yong, dalam USB flash disk.

Untuk diketahui, format album ini menuai perdebatan karena Gaon Chart, tangga lagu di Korea Selatan, menolak karya tersebut dimasukkan dalam kategori album.

Baca juga: Album Terbaru G-Dragon ?BIGBANG? Ditolak Tangga Lagu Ini di Korea

Diberitakan oleh Soompi, pihak YG Entertainment menjelaskan bahwa mereka ingin membagikan lebih banyak konten daripada yang bisa mereka lakukan dengan format CD.

CD biasanya memiliki kapasitas 700 MB saja, sementara USB flash disk yang digunakan untuk album solo G-Dragon berkapasitas 4 GB.

"Ketika menghubungkan USB ke komputer, Anda bisa mengakses beberapa situs. Di situs itu Anda tak hanya bisa mengakses musik, tapi juga berbagai gambar dan video musik," ujar pihak YG Entertainment.

"Konten tambahan itu dibuat YG Entertainent sampai akhir tahun ini. Anda bisa mengunggah konten tersebut dan menaruhnya di USB," ujar pihak yang sama lagi.

Baca juga: Album Solo G-Dragon Tuai Perdebatan, Ini Kata YG Entertainment

Mereka juga menekankan bahwa konten tambahan itu hanya tersedia di beberapa website saja, yang mana hanya bisa diakses setelah membeli USB tersebut.

Baca juga: G-Dragon Kembali Tembus Billboard 200

Mengenai inovasi itu, pihak YG Entertainemnt menerangkan, "Para konsumen tidak bisa menambah atau menghapus musik dalam bentuk CD musik yang dijual. Namun, album USB milik G-Dragon ini tidak hanya bisa digunakan sekali saja, tapi ada hal revolusioner yang memungkinkan layanan konten dalam jangka panjang."

"Album ini memungkinkan konsumen untuk menambah dan menghapus konten sesuai keinginan mereka. Tidak ada banyak orang di dunia ini yang menggunakan pemutar CD untuk mendengarkan musik lagi," terang mereka lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber soompi.com

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com