Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curahan Hati Inul Daratista

Kompas.com - 06/07/2017, 14:40 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com-- Penyanyi dangdut Inul Daratista mencurahkan isi hatinya di akun instagram miliknya pada Kamis (6/7/2017).

Ia menyesalkan mengapa hingga saat ini masih ada orang yang membeda-bedakan penyanyi dangdut.

"Saya masih gak bs mikir klo ada yg mengatakan bahwa bernyanyi hrs berakhlak mulia ??! Seolah2 artis zaman skrg tdk sebagus jaman sblmnya. masih ada yg mengkotak2kan garis berkarya bermusik dan bernyanyi seolah2 dangdut hanya milik komunitas tertentu," tulis Inul.

Sayangnya Inul tak menyebut dengan jelas siapa orang yang dimaksud olehnya.

[Baca juga: Inul Daratista: Tulang Punggung Keluarga Cuma Saya]

 

"Jgn krn sdh lulusan sarjana atau pengalaman dlm penguasaan ilmu bermusik lalu membuat tulisan seolah2 yg lain tdk lbh bagus drnya. Kelas memang menunjukkan kapasitas dan kwalitas," tulisnya lagi.

"Seberapapun kamu memposisikan diri dgn angkuh maka kelasmupun tetap hanya disitu meskipun kamu berusaha jungkir balik utk dianggap berkelas . Hidup jgn hanya berkutat dgn ego," imbuhnya.

 

Saya masih gak bs mikir klo ada yg mengatakan bahwa bernyanyi hrs berakhlak mulia ??! Seolah2 artis zaman skrg tdk sebagus jaman sblmnya... masih ada yg mengkotak2kan garis berkarya bermusik dan bernyanyi seolah2 dangdut hanya milik komunitas tertentu,jgn krn sdh lulusan sarjana atau pengalaman dlm penguasaan ilmu bermusik lalu membuat tulisan seolah2 yg lain tdk lbh bagus drnya. Kelas memang menunjukkan kapasitas dan kwalitas . Seberapapun kamu memposisikan diri dgn angkuh maka kelasmupun tetap hanya disitu meskipun kamu berusaha jungkir balik utk dianggap berkelas . Hidup jgn hanya berkutat dgn ego. Dangdut itu universal . Byk pedangdut yg tdk berakhlak yg wajib diarahkan bukan dilecehkan,dan dikotak2kan. Ajarkan pedangdut yg tdk baik menjadi baik,setelahnya rangkul dan peluk dgn baik??jgn dicibir sbb mrk mgkn tdk tau bgmn bernyanyi dan bermusik dangdut dgn baik . Saya dulu juga bgtu.???? Byk yg lain skrg juga bgtu bila kau tau,kau kenal,arahkan !! jgn dicibir dilecehkan ,sbb mrk tdk tau , mgkn sblm kau jd seperti skrg bs jadi kau jg sama dulu demikian ,atau kau coba melupakan masa lalu ??? Pedangdut awalnya smua sama dlm berjuang... klo ada skit hati,selamat ternyata anda munafik krn bernyanyi dan bermusik dgn akhlak yg baik dan mulia slah satunya hrs memiliki ke ikhlasan .???? Lihat sisi buruk negativ diri kita krn itu bs membuat kita bukan siapa2 dan bisa mawas diri,krn msh byk yg lebih di dunia ini' jgn terlalu over melihat kelebihan sbb kdg bisa membuat diri jd angkuh !!! Bawalah dangdut dgn mahal dgn hati ikhlas jgn sok kepintaran sbb diatasmu msh byk yg lebih dr yang lebih?? Diatas langit msh ada langit. Terlalu sombong berbicara makin menunjukkan sifat dan kelasmu tak lebih hanya keangkuhan yg murah sesuai dgn wajah dan perform yg biasa saja. Saya jarang bergaul dan memiliki teman dgn pedangdut meski saya pedangdut sejati . Krn saya tau mrk tdk menerima saya dgn baik krn masa lalu???? Dan saya ttp maju melangkah bersama dangdut yg saya bawa tanpa hrs mengkotak2an siapa kamu aku dan mrk. Semoga tulisan ini bisa membuka nalar dan pikiran jernih kita smua... bahwa ternyata msh ada pemikiran dangkal tak berkelas seperti itu di zaman skrg soal artis dan dangdutnya????????

A post shared by Inul Daratista (@inul.d) on Jul 5, 2017 at 12:23am PDT

 

Ibu satu anak ini menilai bahwa musik dangdut adalah musik yang universal.

"Dangdut itu universal. Byk pedangdut yg tdk berakhlak yg wajib diarahkan bukan dilecehkan,dan dikotak2kan," ujarnya.

Daripada mencibir, katanya, lebih baik merangkul para pendatang baru untuk dibina agar menjadi lebih baik.

"Ajarkan pedangdut yg tdk baik menjadi baik,setelahnya rangkul dan peluk dgn baik??jgn dicibir sbb mrk mgkn tdk tau bgmn bernyanyi dan bermusik dangdut dgn baik. Saya dulu juga bgtu."

"Byk yg lain skrg juga bgtu bila kau tau,kau kenal,arahkan !! jgn dicibir dilecehkan ,sbb mrk tdk tau , mgkn sblm kau jd seperti skrg bs jadi kau jg sama dulu demikian ,atau kau coba melupakan masa lalu ???," ungkapnya.

"Pedangdut awalnya smua sama dlm berjuang. klo ada skit hati,selamat ternyata anda munafik krn bernyanyi dan bermusik dgn akhlak yg baik dan mulia slah satunya hrs memiliki ke ikhlasan."

"Lihat sisi buruk negativ diri kita krn itu bs membuat kita bukan siapa2 dan bisa mawas diri, krn msh byk yg lebih di dunia ini' jgn terlalu over melihat kelebihan sbb kdg bisa membuat diri jd angkuh !!!," lanjutnya.

[Baca juga: Ajak Anak, Inul Daratista Beri Edukasi Terkait Pilkada]

Ia pun mengingatkan bahwa masih ada penyanyi yang lebih baik. Untuk itu Inul meminta kepada para penyanyi untuk tak menyombongkan diri.

"Bawalah dangdut dgn mahal dgn hati ikhlas jgn sok kepintaran sbb diatasmu msh byk yg lebih dr yang lebih. Diatas langit msh ada langit. Terlalu sombong berbicara makin menunjukkan sifat dan kelasmu tak lebih hanya keangkuhan yg murah sesuai dgn wajah dan perform yg biasa saja," tulisnya lagi.

Meski masih merasa menerima cibiran, namun istri dari Adam Suseno ini mengaku akan tetap berjuang.

"Saya jarang bergaul dan memiliki teman dgn pedangdut meski saya pedangdut sejati. Krn saya tau mrk tdk menerima saya dgn baik krn masa lalu. Dan saya ttp maju melangkah bersama dangdut yg saya bawa tanpa hrs mengkotak2an siapa kamu aku dan mrk," jelasnya.

"Semoga tulisan ini bisa membuka nalar dan pikiran jernih kita smua... bahwa ternyata msh ada pemikiran dangkal tak berkelas seperti itu di zaman skrg soal artis dan dangdutnya," imbuhnya.

[Baca juga: Kurang Minum Air Putih, Inul Daratista Dirawat di Rumah Sakit]

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com