Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal Menarik soal Mini Album "8 Tahun" Adhitia Sofyan

Kompas.com - 10/07/2017, 16:18 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin telinga Anda sudah akrab dengan petikan gitar dan lagu-lagu berbahasa Inggris milik artis musik Adhitia Sofyan (39). Sebagai contoh, "Forget Jakarta", "Adelaide Sky", dan "Blue Sky Collapse".

Namun, Adhit akan memberikan nuansa berbeda lewat eksplorasinya dalam mini album 8 Tahun ini. Berikut tiga hal menarik soal mini album ini.

1. Makna 8 Tahun

Mini album ini bercerita soal pertama kalinya ia terjun ke dunia musik. Pada 2009 lalu, ia merilis album Quiet Down dan "Adelaide Sky" menjadi andalannya.

Setahun setelahnya, ia merilis album Forget Your Plans, lalu pada 2012 ada album How to Stop Time.

2. Lagu berbahasa Indonesia dan bahasa Jawa

Ada lima lagu di dalam album ini. Empat lagu berbahasa Indonesia di antaranya "Seniman", “Naik Kereta Saja”, “Sesuatu di Jogja”, dan “8 Tahun”. Selain itu ada satu lagu berbahasa Jawa ada “Dan Ternyata”.

“Membuat lagu bahasa Indonesia ini juga cukup menakutkan, kita bermain di area atau kandang sendiri. Lirik-liriknya harus memiliki keseimbangan yang pas; fresh dan beda. Tidak boleh klise dan generik dan harus memiliki gaya saya sendiri," ungkap Adhit.

[Baca juga:  Adhitia Sofyan Kembali Gelar Tur di Jepang]

 

3. Kembali ke gaya musik semula

Pria yang lahir di Bandung ini mengungkapkan bahwa kebanyakan lagu-lagunya seperti tak terlalu memiliki koneksi dengan pendengar.

"Mungkin lagunya yang rumit atau saya berusaha terlalu keras dalam mencoba membuat lagu bernuansa baru yang beda, jadi malah kehilangan simplisitasnya," ujar Adhit.

"Lagu yang selalu didengar audience masih saja lagu dari album pertama dan kedua, dan sedikit album ketiga. Sebelum saya ‘menghilang’ terlalu jauh, saya perlu ‘pulang’ ke rumah," sambungnya.

Adhit menambahkan bahwa ia ingin kembali dekat dengan pendengarnya lewat mini album ini. Mini album 8 Tahun sudah bisa dirilis secara digital pada 10 Juli 2017. Akan hadir pula bentuk fisik album ini dalam format CD.

[Baca juga: Tika Panggabean: Project Pop Siapkan Album Kompilasi]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com