Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di YouTube, "Gangnam Style" Kini Dikalahkan "See You Again"

Kompas.com - 12/07/2017, 20:19 WIB

SEOUL, KOMPAS.com -- Video musik untuk lagu "Gangnam Style", yang dibawakan oleh penyanyi pop Korea Selatan PSY, sekarang bukan lagi merupakan video musik yang paling banyak ditonton di YouTube.

Padahal, selama lima tahun terakhir, "Gangnam Style" tercatat sebagai video musik yang paling banyak ditonton, sebagaimana dilaporkan oleh wartawan BBC bidang musik, Mark Savage.

Video musik tersebut begitu populernya sehingga "melewati" batas penghitungan maksimal YouTube, 2.147.483.647. Akibatnya, situs berbagi video itu harus memperbesar kapasitas penghitungnya.

Baca juga: PSY: Saya Kena Penyakit Amerika gara-gara Gangnam Style

Namun, "Gangnam Style" sekarang sudah dikalahkan oleh video musik lain, "See You Again", dari Wiz Khalifa dan Charlie Puth.

"See You Again", balada yang memilukan hati, sudah ditonton 2.895.373.709 kali, mengalahkan video PSY tersebut, yang sejauh ini telah ditonton 2.894.426.475 kali.

Baca juga: PSY Gandeng Personel Big Bang di Album Ke-8

Lagu "See You Again" ditulis untuk film Furious 7 (2015) dan penutupnya didedikasikan untuk aktor Paul Walker.

Walker meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas pada 30 November 2013 di Valencia, California, AS, sebelum Furious 7 rampung digarap.

"See You Again" tercatat sebagai lagu yang paling laris di seluruh dunia pada 2015 dan dinominasikan sebagai lagu terbaik dalam Grammy Awards dan Academy Awards atau Oscar.

Baca juga: Gentleman Milik Psy Cetak Lebih dari Satu Miliar View

Dalam tempo enam bulan, video musik "See You Again" sudah ditonton satu miliar kali dan hingga September 2017 dua miliar kali.

Namun, kepopulerannya di YouTube mungkin tidak akan bertahan lama, sebab video musik "Despacito" dari penyanyi Luis Fonsi asal Puerto Riko sudah ditonton 2,5 miliar kali dalam waktu enam bulan saja, dan tampaknya jumlahnya akan terus meningkat.

Lagu yang dinyanyikan dalam bahasa campuran Spanyol dan Inggris itu menduduki tangga teratas di Inggris selama delapan minggu terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com