Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Menahan Beberapa Perempuan Muda, R Kelly Membantah

Kompas.com - 20/07/2017, 16:34 WIB

LONDON, KOMPAS.com -- Penyanyi R&B ternama R Kelly menyangkal tuduhan bahwa dia menahan beberapa perempuan muda dalam sebuah "upacara pemujaan yang penuh kekerasan".

Pengacara penyanyi tersebut berkata bahwa dia akan bekerja dengan giat dan keras untuk membersihkan namanya.

Media hiburan BuzzFeed memuat laporan yang menyebut bahwa R Kelly "mencuci otak" perempuan-perempuan muda yang mendekatinya untuk mendorong karier musik mereka.

Pencetak hit "I Believe I Can Fly "itu membantah bahwa dia melakukan kesalahan.

Sebelumnya, Kelly dituduh melakukan perbuatan tidak senonoh, tetapi tak pernah dinyatakan bersalah.

Baca juga: Kasus Dugaan Pemerkosaan, Gatot Brajamusti Dicecar 103 Pertanyaan

Laporan tersebut--yang mengutip perkataan tiga orangtua--menyatakan bahwa mereka tidak pernah bertemu atau berbicara dengan anak-anak perempuan mereka selama berbulan-bulan dan rutinitas para perempuan tersebut dikendalikan Kelly.

Para perempuan itu mengatakan bahwa rutinitas yang dikendalikan oleh Kelly itu termasuk tentang apa saja yang bisa mereka makan dan pakai, kapan harus mandi atau tidur, serta bagaimana melakukan hubungan seksual yang direkam oleh Kelly.

Bagaimanapun, salah seorang perempuan, JS, 21 tahun, menjelaskan kepada situs hiburan TMZ bahwa dia tidak terlibat dalam kelompok pemujaan.

Dalam sebuah video yang diunggah beberapa jam setelah tuduhan tersebut muncul, perempuan itu berkata, "Saya bahagia sekarang. Saya tidak dicuci otak atau sejenisnya."

Dia menambahkan bahwa isu itu "Telah jelas-jelas di luar batas."

Kelly "khawatir"
Tiga orang yang sempat berada di dalam lingkaran dalam Kelly juga diwawancarai dan mengatakan bahwa ada enam perempuan yang tinggal di properti milik Kelly, yang berada dalam kondisi dikendalikan oleh Kelly.

Laporang itu juga menyebut bahwa, jika melanggar peraturan, menurut mereka, perempuan-perempuan itu dihukum secara fisik dan verbal oleh Kelly.

Sebagian orangtua melaporkan kekhawatiran mereka kepada polisi, tetapi anak-anak perempuan itu mengatakan bahwa mereka tidak ditahan di luar keinginan mereka.

Pengacara Kelly, Linda Mensch, lewat sebuah pernyataan menjelaskan, "Robert Kelly khawatir dan terganggu dengan pemberitaan yang baru-baru ini dialamatkan kepadanya. Kelly dengan tegas menolak tuduhan-tuduhan itu."

BuzzFeed bertahan dengan laporan mereka.

Pada 2008, R Kelly dibebaskan dari 14 tuduhan, termasuk memproduksi pornografi anak-anak, setelah muncul sebuah rekaman video yang menunjukkan dia berhubungan seksual dengan seorang anak perempuan berusia 14 tahun.

Kelly merupakan penyanyi R&B tersukses sepanjang masa, dengan 40 juta rekaman terjual di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com