Tya Subiakto: Butuh 10 Tahun Tunggu Penghargaan Ini - Kompas.com

Tya Subiakto: Butuh 10 Tahun Tunggu Penghargaan Ini

Tri Susanto Setiawan
Kompas.com - 08/08/2017, 19:58 WIB
Tya Subiakto usai peluncuran video AHY Seleb Satuju di AHY Command Center, Wijaya I, Jakarta Selatan, Jumat (10/2/2017)KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Tya Subiakto usai peluncuran video AHY Seleb Satuju di AHY Command Center, Wijaya I, Jakarta Selatan, Jumat (10/2/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tya Subiakto baru saja memenangi penghargaan untuk kategori Penata Musik Terbaik dalam Asia Pacific Film Festival (APFF) ke-57 yang digelar di Phnom Penh, Kamboja, pada 28-30 July 2017.

Tya memenangi penghargaan itu berkat filmnya yang berjudul Rudy Habibie. Bagi Tya, ini adalah penghargaan yang kali pertama setelah 10 tahun berkarier di industri perfilman Tanah Air.

"Ini yang pertama. Ini kado untuk karier saya selama 10 tahun," ujar Tya saat dijumpai di Gedung MD Place, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (8/8/2017).

Tya kali pertama menjadi penata musik film untuk filmnya yang berjudul Sang Dewi pada 2007 lalu. Sebenarnya, ajang APFF tidak asing bagi Tya.

Pada 2012 lalu, ia pernah menjadi nomine untuk kategori serupa dalam filmnya yang berjudul Sang Penari (2011). Kala itu, bintang utama Prisia Nasution juga masuk nomine kategori aktris terbaik.

"Tapi sayangnya belum berjodoh. Kalau yang ini surprise sekali," kata wanita yang mengemari alat musik piano tersebut.

Sampai saat ini, Tya mengaku masih tidak menyangka telah memenangi penghargaan itu bersama artis peran Reza Rahadian yang memenangi kategori Aktor Terbaik dalam film yang sama.

Atas penghargaan itu, Tya bahkan membuat pesta kecil-kecilan bersama keluarga terdekatnya.

"Saya buat party sama papa dan mama. Mereka bilang alhamdulillah. Lalu, kami sepakat bahwa ini bukan akhir, tapi awal belajar agar lebih keras lagi dan mengharumkan nama bangsa lewat musik dan film," kata dia.

PenulisTri Susanto Setiawan
EditorIrfan Maullana
Komentar