Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pejuang Kemerdekaan Bernostalgia dengan Tembang Keroncong

Kompas.com - 19/08/2017, 19:21 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Retno Dumilah dan Sekar Budaya Nusantara adalah dua penggagas Lomba Tembang dan Cipta Karya Lagu Keroncong 2017.

Masih dalam rangka perlombaan tersebut, serta merayakan HUT ke-72 Republik Indonesia, diadakanlah pertunjukan "Tembang Keroncong untuk Pejuang" yang diadakan di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (19/8/2017).

Acara ini tak hanya bertujuan untuk menghibur para pejuang kemerdekaan saja. Namun, "Tembang Keroncong untuk Pejuang" diadakan diadakan pula untuk melestarikan tembang keroncong yang iramanya disesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Tembang Keroncong untuk Pejuang" yang diiringi Orkes Purna Praja Musika dari Tasikmalaya ini dibuka dengan penampilan grup paduan suara Armonia Choir.

Dengan atasan kebaya bernuansa merah dan putih, sebanyak 16 penyanyi maju ke depan panggung. Masing-masing membawa bunga kecil di tangan.

Lagu pertama yang mereka persembahakan adalah "Cinta Sejati" yang merupakan lagu tema film Habibie Ainun. Lagu tersebut dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari.

Kemudian, mereka melanjutkan penampilan dengan "Melati Suci". Acara pun juga dimeriahkan dengan lagu-lagu keroncong lainnya. Mulai dari "Mojang Priangan" hingga "Sang Bidadari".

Para penonton, serta puluhan veteran yang hadir di sana pun turut menyanyikan lagu-lagu tersebut. Tak jarang, mereka juga bertepuk tangan mengikuti tempo lagu yang dibawakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com