Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yosi dkk Serukan Perang terhadap Konten Negatif di Dunia Maya

Kompas.com - 02/10/2017, 16:01 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya konten negatif di dunia maya membuat Gerakan Nasional Literasi Digital tergerak.

Lewat kampanye #SiBerkreasi, gerakan membuat langkah nyata dengan mengajak seluruh elemen masyarakat dan komunitas untuk aktif menyebarkan konten positif di dunia maya.

Untuk membuat konten positif yang berkualitas, mereka mengajak sejumlah kalangan profesi terutama figur publik untuk menyebarkan konten positif.

Salah satunya adalah penyanyi Project Pop, Yosi Mokalu, yang berperan sebagai influencer bersama Marcella Zalianty, Marsha Tengker, Dennis Adhiswara, dan beberapa nama lainnya.

Yosi membuat sebuah video berjudul "Cek Dulu". Video itu memberikan sebuah pesan agar masyarakat lebih cermat dan cerdas dalam mengonsumsi informasi yang beredar di dunia maya.

"Kita harus benar-benar berbuat sesuatu untuk menghambat dan meniadakan konten negatif," ujar Yosi saat menghadiri acara tersebut di Aula Dewan Harian Nasional, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2017).

[Baca juga: Yosi Project Pop: Perbedaan Itu Indah]

Yosi mengatakan, akan ada banyak lagi konten positif yang akan dikeluarkan #SiBerkreasi bersama para kreator lainnya. Sebab, menurut Yosi, kini banyak masyarakat yang mudah termakan oleh konten-konten yang belum valid kebenarannya.

"Karena sekarang betapa mudah orang percaya berita itu benar atau tidak. Hoax itu bisa menyebabkan perpecahan dan peperangan, di luar negeri demikian," kata dia.

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mendukung gerakan positif tersebut. Tujuannya adalah agar masyarakat menciptakan lebih banyak konten positif di internet, mengurangi, dan melawan penyebaran konten negatif.

Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital Deddy Permadi mengatakan bahwa banyak elemen yang terlibat dalam kampanye ini. Pendukung itu ada dari unsur masyarakat seperti komunitas, akademisi, media, pelak bisnis, persatuan artis, dan lembaga pemerintahan.

"Dukungan terhadap #SiBerkreasi sangat luar biasa," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com