Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terserang Preeklamsia, Winda Viska Lahirkan Anaknya Lebih Cepat 1 Bulan

Kompas.com - 12/10/2017, 17:06 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Winda Viska terpaksa melahirkan anak keduanya pada usia kandungan delapan bulan di RSIA Kemang Medical Care, Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017).

Proses bersalin prematur yang dilalui penyanyi jebolan Indonesian Idol itu disebabkan kelainan preeklamsia atau tekanan darah tinggi pada ibu hamil dan kelebihan kadar protein dalam urine (proteinuria). 

Kondisi inilah yang mengharuskan Winda sesegera mungkin melahirkan janin yang ada di kandungannya. Jika tidak, ibu dan sang anak akan terancam nyawanya.

"Saya lemas banget dan harus mendengarkan kata dokter, walaupun siapa sih yang enggak mau lahir normal. Itu kan di luar kontrol kami, dan harus saya hadapi," ujarnya saat jumpa pers d RSIA Kemang Medical Care.

Winda menjelaskan bahwa gejala preeklamsia yang dideritanya terjadi sejak usia kandungan berumur tujuh bulan. Selama usia kandungan itu, kata Winda, tekanan darahnya kerap naik setiap kali memeriksakan kandungannya.

Akhirnya, lanjut dia, sang dokter menyarankan kepadanya agar segera mengeluarkan janin dengan cara operasi bedah caesar. Kebetulan meski usia kandungan janinnya prematur, sang janin sudah cukup kuat untuk dilahirkan.

"Saya dikuatkan orang-orang di sekeliling kayak suami dan yang lainnya, dokter. Alhamdulillah bisa lewat dan aku dengar cerita orang-orang blabla. Kalau enggak ikutin saran dokter mungkin aku sudah...," ucapnya lalu tak bisa berkata-kata lagi.

Adapun sang anak yang diberi nama Mahesa Mulya Tan itu masih dirawat intensif. Mahesa lahir dengan berat badan 2.1 kilogram dengan panjang yang belum bisa diukur oleh pihak dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com