Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pemain Bas Paling Banjir Harta Sedunia

Kompas.com - 15/10/2017, 14:44 WIB
Ati Kamil

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sudah banyak bukti mengenai pemusik bisa jadi kaya raya. Tak terkecuali pemain bas. Apalagi kalau ia juga mencipta lagu dan membuat tur.

Situs ultimate-guitar.com mengeluarkan daftar 10 pemain bas paling banjir harta sedunia.

10. Geezer Butler - 70 juta dollar AS
Geezer Butler merupakan bagian penting dalam sound unik band legendaris Black Sabbath. Ia merupakan pemain bas pertama yang menggabungkan wah pedal dalam bermain. Ia juga mempopulerkan tuning C# pada bas.

9. Bill Wyman - 80 juta dollar AS
Meski dipuji oleh para pengamat musik, album-album solo Bill Wyman tidak laku. Namun, siapa yang membutuhkan karier solo jika sudah bermain untuk band legendaris The Rolling Stones selama hampir 30 tahun?

Baca juga: Oktober 2016, Rolling Stones dan Paul McCartney Gelar Konser di Gurun California

8. John Paul Jones - 80 juta dollar AS
Semua personel band legendaris Led Zeppelin berbakat, tidak terkecuali pemain bas John Paul Jones. Ia bisa mencipta permainan bas sebagaimana dalam "Achilles Last Stand" dan memainkan alat-alat musik lain termasuk organ.
 
Ia juga bekerja sama dengan sejumlah artis rock paling ternama sepanjang sejarah, termasuk band R.E.M., Peter Gabriel, dan Paul McCartney. Ia berkarier solo pula dan berhasil. Ia juga merupakan personel band Them Crooked Vultures dengan Dave Grohl dan Josh Homme.

7. Flea – 110 juta dollar AS
Bagaimana seseorang bisa tidak menyukai Flea? Band Red Hot Chili Peppers identik dengan permainan basnya dan merupakan salah satu penyebab keberhasilan komersial band tersebut.

Permainan bas Flea dipengaruhi oleh raja musik funk Bootsy Collins, tetapi permainan Flea jauh melampaui sang pemberi inspirasi. Lebih dari itu, Flea menanam modal dalam bidang bisnis real estate, sesudah pada 2011 ia menjual rumahnya kepada Jack Black dengan harga dua kali harga belinya.

Baca juga: Flea Red Hot Chili Peppers: Petikan Gitar Si Gorila

6. John Deacon - 115 juta dollar AS
John Deacon dari band legendaris Queen merupakan orang di balik sejumlah permainan bas terkenal sepanjang sejarah, misalnya dalam lagu-lagu "Another One Bites the Dust" dan "Under Pressure".

Sayangnya, sejak kematian tragis vokalis Queen Freddie Mercury, karier Deacon surut, tanpa mengaitkan bahwa tak ada apapun yang dilakukannya bersama rekan-rekannya dalam Queen, kecuali konser Freddie Mercury Tribute di Stadion Wembley, Inggris, pada 1992.

5. Adam Clayton - 150 juta dollar AS
Adam Clayton dari band legendaris U2 telah membuat jejak sebagai pemain bas dan mencipta permainan bas untuk sejumlah lagu populer U2, antara lain "Mysterious Ways", "New Years Day", dan "Bullet the Blue Sky".

Ia juga mencipta lagu tema untuk film Mission: Impossible (1996).

Baca juga: U2 Merajai Daftar Konser Terlaris Musim Panas 2017 di AS

4. Roger Waters - 270 juta dollar AS
Pendiri Pink Floyd ini juga mencipta paling banyak lagu untuk band legendaris tersebut. Sesudah berpisah dari David Gilmour, gitaris Pink Floyd, ia tidak menjadi miskin. Tur konser The Wall-nya menjadi salah satu tur konser artis musik solo dengan pendapatan tertinggi.

3. Gene Simmons - 300 juta dollar AS
Apapun yang dikatakan orang-orang tentang Gene Simmons, ia tentu bisa berbisnis.

Pemain bas band legendaris KISS ini menjadi bagian dari brand rock, bukan band rock. Para penggemar KISS akan membeli apapun asalkan berlogo KISS dan itu yang menjadikan Gene Simmons banjir harta.

Baca juga: Sting, Tua-tua Berbisa

2. Sting - 300 juta dollar AS
Penyanyi, pencipta lagu, dan pemain bas dari band legendaris The Police juga sangat berhasil dalam berkarier solo. Kekayaannya 200 juta dollar AS dan ia tak berencana membaginya dengan anak-anaknya.

1. Paul McCartney - 1,2 miliar dollar AS
Ketika masih berada dalam band The Beatles, Paul McCartney mencipta sejumlah lagu paling poluler sepanjang sejarah bersama rekan sebandnya itu, John Lennon. Sesudah keluar dari band tersebut, ia berhasil dalam berkarier solo, dengan, antara lain, membentuk band Wings bersama istrinya ketika itu, Linda, yang kini telah tiada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com