Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu Indonesia Raya Versi Tiga Stanza Sudah Bisa Diunduh Gratis

Kompas.com - 21/10/2017, 10:43 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lagu "Indonesia Raya" versi tiga stanza atau tiga bait sudah dapat diunduh secara gratis di situs laguindonesiaraya.id mulai Jumat (20/10/2017).

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala studio rekaman Lokananta, Miftah Zubir, di sela sosialisasi "Indonesia Raya" versi lengkap di area museum Fatahillah Kota Tua, Jakarta Barat, Jumat malam.

"Di website laguindonesiaraya.id per hari ini sudah bisa diakses, sudah bisa di-download gratis," kata Miftah.

"Hasil rekaman di Lokananta ada lima versi. Ada versi orkes harmoni, orkes simfoni, orkes fanfare, iringan piano sama unisono. Setiap versi ini ada yang direkam satu stanza dan ada yang tiga stanza," sambungnya. 

Tak banyak yang tahu bahwa lagu kebangsaan Indonesia yang selama ini dinyanyikan belum lengkap alias hanya satu bait saja. Sang pencipta lagu, Wage Rudolf Supratman, sebenarnya menulis "Indonesia Raya" dalam tiga bait.

Bertujuan untuk mengingatkan orang-orang tentang sejarah lagu kebangaan Indonesia, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggandeng Lokananta untuk merekam ulang "Indonesia Raya" secara lengkap.

Sebagai informasi, Lokananta studio rekaman pertama Indonesia yang berada di Solo, Jawa Tengah, menyimpan rekaman asli tiga stanza "Indonesia Raya" versi Josef Kleber.

"So far yang saya tahu rekamam asli itu enggak pernah digunakan di acara-acara. Teronggok, tersimpan aja di kami. Berupa master sama ratusan vynil. Biasanya sih kami suka serahkan ke instansi-instansi di Solo. Itu instrumental," ujar Miftah.

Orkesta serta paduan suara Gita Bahana Nusantara pun terpilih untuk memainkan dan menyanyikan rekaman ulang "Indonesia Raya", dipimpin oleh  konduktor Sapta Kusbini. Sementara, musisi kawakan Purwacaraka duduk sebagai sound engineer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com