Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Beyond Skyline Ungkap Alasan Pilih Lokasi dan Pemain Indonesia

Kompas.com - 30/10/2017, 14:31 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Liam O'Donnell mengaku puas dengan penampilan dua aktor asal Indonesia, yakni Iko Uwais dan Yayan Ruhian, dalam film Beyond Skyline.

Dia menyebut, kehadiran Yayan dan Iko yang bertindak sebagai koreografer laga itu membawa suguhan yang berbeda dalam film garapannya.

O'Donnell merekrut Iko dan Yayan lantaran terkesima pada penampilan mereka dalam film The Raid.

"Pertama lihat Iko dan Yayan bertarung di sawah duel enggak pakai sepatu, saya terkesima dan enggak percaya apa yang saya lihat live memang jauh lebih seru dan menegangkan," kata O'Donnell saat ditemui di XXI Epicentrum, Kuningan, Jumat (27/10/2017).

Proses shooting film Beyond Skyline dilakukan di Indonesia khususnya di Candi Prambanan dan beberapa tempat di sekitarnya. Namun, latarnya adalah di negara Laos setelah berpindah dari Los Angeles, Amerika Serikat.

O'Donnell mengungkap karena istrinya berasal dari Laos, ia ingin shooting dilakukan negara asal istrinya itu. Apalagi anak mereka, Sua, juga terlibat dalam film tersebut.

Sayangnya, kata O'Donnell, ia tidak berhasil menemukan lokasi shooting yang cocok di Laos. Lalu, ia mengalihkan pencarian di Malaysia dan ternyata juga tidak menemukannya.

Sampai suatu waktu O'Donnell mendapatkan referensi di Indonesia. Di situlah dia mendapatkan lokasi cocok di Candi Prambanan.

O'Donnell mengatakan Candi Prambanan sesuai yang ia inginkan. Selain megah, candi itu juga memiliki lokasi reruntuhan, sesuai setting candi yang diporak-porandakan alien.

"Prambanan akhirnya menjadi tempat fiktif Laos," kata Liam.

[Baca juga : Iko Uwais Lindungi Bumi dari Serangan Alien dalam Beyond Skyline]

Sedangkan Yayan mengaku senang atas kepercayaan Liam kepada para pemain Indonesia terutama kepada dirinya dan Iko.

"Ini menjadi kebanggaan pribadi dan sebagai praktisi film Indonesia. Tidak hanya ini saja, film luar lain juga bisa kerja sama dengan orang-orang perfilman Indonesia," kata Yayan.

[Baca juga : Andy /rif Pernah Seperguruan Silat dengan Yayan Ruhian]

Beyond Skyline merupakan sekuel film Skyline (2010) yang bercerita tentang invasi alien ke seluruh dunia.

Sederet pemain yang terlibat adalah Frank Grillo, Bojana Novakovic, Johny Weston, Yayan Ruhian, dan pemain lainya. Rencananya film itu akan tayang pada 1 November 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com