Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Sulut Dukung Perfilman Nasional

Kompas.com - 11/11/2017, 11:43 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Pemerintah provinsi Sulawesi Utara mendukung keberlangsungan dan pengembangan perfilman Tanah Air.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam acara ramah tamah dengan insan perfilman Tanah Air di rumah dinasnya di Jalan Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat (10/11/2017).

"Pemerintah Sulawesi Utara mendukung perfilman nasional. Kami akan membantu film yang diproduksi di Sulawesi Utara," ujar Olly kepada awak media.

Menurut Olly, dampak perfilman terhadap pariwisata dan ekonomi rakyat cukup besar. Hal itulah yang mendorong pihaknya mendukung perfilman nasional.

Baca juga : Megawati Gantikan Jokowi Hadiri Penghargaan FFI 2017

Tidak hanya untuk pelaku perfilman dalam negeri, melainkan juga luar negeri. Bahkan, kata Olly, rumah produksi dari Korea Selatan baru saja menyelesaikan proses shooting selama dua bulan di Sulawesi Utara.

Untuk memelihara kontinuitas proses produksi film yang mengambil lokasi shooting di Sulawesi Utara, kini Olly sedang membahas sebuah peraturan baru. Yakni, jika ada rumah produksi membuat film dan filmnya diputar di Manado, dengan catatan 50 persen berlatar panorama setempat, pihaknya akan membebaskan biaya retribusi.

"Kami sedang menyiapkannya untuk masuk perda (peraturan daerah)," ujar Olly.

Saat ini, Olly mencatat akan ada tiga film nasional yang dikerjakan di Manado. Ketiga film itu adalah Senjakala di Manado, Tommy & Jerry Come To Manado, dan Hujan Bulan Juni.

Baca juga : Lima Nominasi Film Terbaik FFI 2017 Diputar Lagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com