Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Layanan Streaming untuk Menikmati Ngayogjazz 2017

Kompas.com - 17/11/2017, 18:52 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perhelatan yang festival jazz yang selalu dinantikan Ngayogjazz kembali digelar pada 18 November 2017 esok di Dusun Kledokan, Selomartani, Kalasan, Sleman.

Dari tahun ke tahun perhelatan jazz berbalut pesta rakyat ini selalu dipenuhi pengunjung baik dari Yogyakarta maupun luar daerah, bahkan luar negeri.

Musisi dan grub musik jazz dalam negeri yang akan memeriahkan perhelatan Ngayogjazz 2017 antara lain Jeffrey Tahalele and Friends, Bintang Indrianto, Bonita, Bianglala Voices, Everyday , Endah N Rhesa, dan Gugun Blues Shelter.

Tahun ini, Ngayogjazz akan diramaikan oleh Rémi Panossian Trio dari Perancis. Grup musik jazz yang dihuni Maxime Delporte (bass) dan Frederic Petitprez (drum) pernah tampil di berbagai ivent di luar negeri, seperti Kanada, Ottawa Jazz Festival, Montreal Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, London Sunfest, dan Enjoy Jazz Festival di Jerman.

Bagi yang berhalangan hadir menyaksikan aksi para musisi jazz Indonesia dan mancanegara di Ngayogjazz 2017, tidak perlu kecewa dan berkecil hati. Sebab pecinta musik jazz, dapat menyaksikan perhelatan Ngayogjazz 2017 lewat streaming.

"Yang berhalangan hadir ke Ngayogjazz kita fasilitasi dengan layanan streaming. Supaya acara ini bisa juga dinikmati oleh pengunjung yang tidak bisa hadir," ujar Valens Riyadi, Direktur Citranet, Jumat (17/11/2017)

Riyadi menjelaskan mengingat lokasi perhelatan Ngayogjazz 2017 terbilang cukup jauh dari kota, maka perlu dipasang infrastruktur tambahan, berupa koneksi wireless ke BTS terdekat.

Dari titik tersebut kemudian disebar menggunakan fiber optic ke semua panggung Ngayogjazz. Sementara tower yang digunakan menumpang di sekolah (SD) di Desa Kledokan.

Aksi-aksi di semua panggung Ngayogjazz 2017 bisa dinikmati melalui audio streaming. Sedangkan video streaming hanya untuk panggung Merdeka dan Markas.

[Baca juga : Usung Tema Wani Ngejazz Luhur Wekasane, Ngayogjazz 2017 Digelar Lagi ]

"Untuk yang di panggung Serbu, kita uji coba streaming 360 derajat," tegasnya.

Dijelaskanya streaming dapat disakasikan di www.jogjastreamers.com atau dengan mengunduh aplikasi JOGJASTREAMERS di AppStore dan PlayStore.

[Baca juga : Fariz RM Bersyukur Ada Ngayogjazz ]

"Semua siaran streaming bisa mulai disaksikan pada pukul 14.00 WIB. Jika menggunakan selular, usahakan bisa mendapatkan sinyal LTE atau 4G, bisa juga dengan mengakses wi-fi yang kecepatannya memadai," tandasnya.

Seperti di beritakan sebelumnya, perhelatan festival jazz berbalut pesta rakyat Ngayogjazz kembali digelar di Yogyakarta. Mengusung tema "Wani Ngejazz Luhur Wekasane" Ngayogjazz 2017 digelar di Dusun Kledokan, Selomartani, Kalasan, Sleman pada hari Sabtu 18 November 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com