Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gen Halilintar: Hiduplah seperti Air yang Mengalir

Kompas.com - 24/11/2017, 11:37 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -- Nama Gen Halilintar melejit setelah sajian kanal YouTube mereka dinikmati banyak orang.

Gen Halilintar merupakan sebuah keluarga yang terdiri dari orangtua dan 11 anak. Keluarga itu kerap menghabiskan waktu dengan jalan-jalan, baik di Indonesia maupun luar negeri. Bahkan, mereka pernah menjelajahi belasan negara di Eropa dan semua mereka urus sendiri.

“Niatnya 13 negara, jadinya 20 negara,” ujar sang ayah, Halilintar Anofial Asmid, dalam acara kampanye #LiburanDenganGoogle, belum lama ini di Bandung.

Baca juga: Ibunya Pernah Kecopetan di Eropa, Afgan Beri Tips Aman Traveling

Halilintar, yang merupakan seorang pengusaha, meyakini satu hal dalam hidupnya yang ia tularkan kepada istri dan 11 anak mereka, yakni hidup harus seperti air yang mengalir bukan air yang hanya diam di satu tempat.

"Hiduplah seperti air yang mengalir," katanya.

Air yang mengalir biasanya jernih, sedangkan air yang hanya diam di satu tempat biasanya kurang jernih, karena terpapar banyak unsur.

Baca juga: Sergio Mendes: Traveling Memberi Banyak Inspirasi Bermusik

Menurut Halintar, begitu pula hidup. Ketika seseorang hanya tinggal di satu tempat dan melakukan aktivitas yang sama, ia menjadi kurang bergairah. Karena itu, lakukanlah perjalanan, traveling, seperti air yang mengalir.

Halilintar mengaku betapa repot ia menyatukan 13 kepala ketika akan melakukan perjalanan. Namun, sekarang, banyak aplikasi yang bisa memudahkan perjalanan, meskipun itu dilakukan seorang diri.

"Kami suka melakukan riset mendalam sebelum melakukan perjalanan, seringkali dengan bertanya rekomendasi dari teman dan mencari perbandingan harga dari berbagai situs di Internet. Tapi, sekarang, di Google, kami bisa mendapat informasi-informasi tersebut di satu tempat,” tutup Lenggogeni, yang akrab disapa Bu Gen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com