Pria ini Sosok Berpengaruh bagi Fade2Black - Kompas.com

Pria ini Sosok Berpengaruh bagi Fade2Black

Ira Gita Natalia Sembiring
Kompas.com - 06/12/2017, 18:37 WIB
Grup rap Fade2Black berpose di sela kunjungan mereka di kantor redaksi Kompas.com, Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (5/12/2017). Nama Fade2Black yang sebelumnya dikenal sejak berkolaborasi dengan musisi Bondan Prakoso, kini telah meluncurkan album perdana mereka bertajuk Tabik!.KOMPAS.com/DINO OKTAVIANO Grup rap Fade2Black berpose di sela kunjungan mereka di kantor redaksi Kompas.com, Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (5/12/2017). Nama Fade2Black yang sebelumnya dikenal sejak berkolaborasi dengan musisi Bondan Prakoso, kini telah meluncurkan album perdana mereka bertajuk Tabik!.

JAKARTA, KOMPAS.com- Personel grup musik rap Fade2Black, Danial Rajab Fahreza atau Eza menyebutkan, musisi Bondan Prakoso adalah sosok berpengaruh dalam perjalanan karier Fade2Black.

Hal itu dikatakan Eza saat Fade2Black berkunjung ke redaksi Kompas.com di Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (5/12/2017).


"Yang paling berpengaruh sebetulnya ya jelas Mas Bondan Prakoso tuh udah ngasih banyak, guru lah ya buat kami ini," kata Eza.

Pasalnya, nama Fade2Black dikenal sejak mereka berkolaborasi dengan Bondan Prakoso pada 2005 lalu. Eza mengatakan Bondan banyak memberi pelajaran dalam bermusik.

[Baca juga : Fade2Black Punya Penjaga Gawang untuk Album Tabik! ]

"Udah banyak ngasih tahu secara langsung dan tidak langsung bikin lagu gini loh, dan itu kami terapkan sampai sekarang nih," ucap Eza.

"Walaupun kadang Fade2Black masih kesusahan dalam membuat musik, akhirnya kami perlu bantuan kayak Lacos, Edu," sambungnya.

Bondan juga mengajarkan Fade2Black untuk melihat musik sebagai sebuah industri, sehingga dapat menciptakan karya-karya yang bisa diterima oleh masyarakat.

"Jadi kalau ditanya siapa yang meng-influence kami, ya Bondan. Karena dia yang mengajarkan industri tuh harus gini," ujar Eza.

"Lu harus bisa bernegosiasi sama market, dengan adanya vokal di setiap lagu. Itu yang memertahankan agar tetap dijalurnya. Formula itu udah paling tepat," tambahnya.

Diketahui Bondan Prakoso & Fade2Black telah merilis empat album dari 2005 hingga 2012. Namun setelah masa kontrak habis pada 2013, mereka memutuskan untuk mengejar mimpi mereka masing-masing.

[Baca juga : Tabik!, Ucapan Terima Kasih yang Jadi Judul Album]

PenulisIra Gita Natalia Sembiring
EditorBestari Kumala Dewi

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM