Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fade2Black: Bondan Prakoso dan Kami Memang Dua Bendera Berbeda

Kompas.com - 12/12/2017, 15:56 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Grup rap Fade2Black, yang terdiri dari Grup rap Fade2Black, yang terdiri dari Santoz Ariego a.k.a Arie, Titz Gomez a.k.a Tito, Lezzano a.k.a Eza, dan Nizto a.k.a Coki, memberi penjelasan mengenai proyek kerja bareng yang pernah mereka jalani dengan artis musik Bondan Prakoso.

Hal itu dikatakan oleh Eza, salah seorang personel Fade2Black, ketika grup tersebut berkunjung ke kantor Redaksi Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (5/12/2017).

"Koreksi dikit paling ya, jadi sebenarnya (Bondan dan Fade2Black) bukan featuring, jadi memang proyek barengan," ujar Eza.

Baca juga: Fade2Black Kenalkan Identitas Baru Pada Album Tabik!

Tito menjelaskan bahwa Bondan dan Fade2black merupakan dua bendera berbeda yang pernah bergabung dalam sebuah proyek yang sama.

"Padahal (kolaborasi) itu bukan satu singel doang, satu album itu gue (Fade2Black) sama Bondan doang, jadi enggak bisa dibilang featuring, jadi 'x' sebenarnya," tutur Tito.

"Jadi Bondan dan Fade2Black itu memang dua bendera yang berbeda," tekannya.

Baca juga: Fade2Black: Bondan Prakoso adalah Bagian dari Perjalanan Kami

Bondan Prakoso & Fade2Black telah merilis empat album dari 2005 hingga 2012.

Ari menambahkan bahwa Fade2Black dan Bondan Prakoso bukan berpisah, melainkan sudah selesai menjalankan proyek dengan kontrak berakhir pada 2013.

"Orang nyangkanya kami bubar, pecah. Kami memang empat album kontraknya, jadi memang 2013 udah beres proyeknya, bukan berpisah," ucap Ari.

Baca jug : Bondan Prakoso Kecantol Jalur Musik Indie

"Makanya, waktu itu pernyataan kami vakum untuk batas waktu yang tidak ditentukan. Maksudnya, kalau Bondan mau proyekan sama siapa, bebas. Fade2Black juga ngeluarin album sendiri," timpal Eza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com