Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Penerbang Roket Cetak Sejarah dengan A Night at Schouwburg

Kompas.com - 18/12/2017, 08:44 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band Kelompok Penerbang Roket (KPR) mencetak sejarah di Indonesia. Mereka menjadi band rock pertama yang tampil dan melakukan rekaman secara live di Gedung Kesenian Jakarta.

Lewat sebuah pertunjukan bertajuk A Night at Schouwburg, Minggu, (17/12/2017) malam, John Paul Patton atau Coki (bas dan vokal), Rey Marshall (gitar), dan Viki Vikranta (drum) memyuguhkan sesuatu yang berbeda.

Sekitar pukul 21.00 WIB, tanpa basa-basi Coki dan kawan-kawan memulai aksi mereka memainkan lagu milik Panbers, "Jakarta City Sound", di gedung yang dikenal dengan nama Theater Schouwburg Weltevreden itu.

Permainan KPR berlanjut ke "Hujan Badai" dan "Target Operasi". Kemudian, lagu "Neraka Jahanam" dan "Pencarter Roket" yang dipopulerkan oleh Duo Kribo.

Sebuah pemandangan langka melihat panggung bergaya neo-renaissance yang umumnya diisi oleh pertunjukan teater, musik klasik, atau kesenian tradisional kini menampilkan musik rock.

"Ini pertama kalinya Kelompok Penerbang Roket bermain di tempat sekeren ini. Terima kasih Schouwburg udah mengajak kami bertiga turut merasakan panggung ini yang katamya tua banget. Tahun 1821 ya," kata Coki di tengah penampilannya.

Selanjutnya, nomor-nomor seperti "Cekipe", "Beringin Tua", "Bimbang dan Ragu" disajikan oleh KPR. Penonton yang awalnya terlihat kikuk karena harus menikmati musik rock sambil duduk mulai mencair.

Mereka menggerak-gerakkan kepala dan pundak mengikuti "perkawinan" cabikan bass Coki, lengkingan gitar Rey, dan tabuhan drum dari Viki yang bertenaga.

Baca juga : KPR Tertantang Penonton yang Duduk di GKJ

"Masih semangat kan? Kan agak beda bisanya nonton pada lompat-lompat. Jangan sampai ada yang tidur ya hehehe. Oke, ini lagu lama banget enggak kami mainin, buat malam ini kami mainin," ujar Coki.

Ia lalu mengajak penyanyi Kallula ke atas panggung untuk menyanyikan lagu "Haai", salah satu lagu Panbers dari album Volume 1, yang diaransemen ulang oleh KPR.

Baca juga : KPR Undang Jokowi untuk Menyaksikan A Night Schouwburg

"Pertunjukan kami malam ini berbeda dri biasanya," ujar Coki lagi mengantar aksi KPR mengentak panggung lewat "Dimana Merdeka", "Anjing Jalanan", dan "Mr Blo'on".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com