Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melly Goeslaw Nyaris Tak Bisa Masuk ke Tempat Pengungsian di Turki

Kompas.com - 24/12/2017, 23:43 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com -- Minggu lalu, dua penyanyi sekaligus pencipta lagu yang menjadi duta kemanusiaan, Melly Goeslaw dan Opick, nyaris tak diizinkan masuk ke Provinsi Kilis, Turki, dekat perbatasan dengan Suriah.

Ketika itu, bersama rekan-rekan mereka dalam rombongan lembaga amal Qupro Indonesia, Melly dan Opick hendak menyerahkan bantuan untuk para pengungsi di sana.

"Di Kilis itu yang lumayan mencekam ya, karena masuknya juga dijaga sama banyak tentara. Terus, kami hampir enggak bisa masuk ke sana, karena memang enggak banyak yang bisa masuk ke sana," ucap Melly di kediamannya di Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang Selatan, Minggu (24/12/2017).

Melly bercerita bahwa mereka harus berbicara dengan tentara yang menjaga jalur masuk ke Kilis. Beruntung, Melly dan kawan-kawan didampingi oleh Hayat Yolu. Opick pun ikut memberi penjelasan perihal maksud kedatangan mereka.

Hayat Yolu merupakan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang membantu menampung bantuan-bantuan atau menfasilitasi LSM-LSM lain dari seluruh dunia untuk para pengungsi Palestina.

"Tadinya ada dua orang yang turun, enggak dapat izin lah," ucap Melly.

"Kami didampingi. Akhirnya, syukur alhamdulillah, ketika Bang Opick yang datang ke kantor itu, Bang Opick turun, salah satu orang di kantor itu tahu bahwa Bang Opick penyanyi religi dari Indonesia. Akhirnya, kami diperbolehkan ke penampungan di Kilis," sambungnya.

Di sana, Melly beserta rombongan mengunjungi dua tempat pengungsian yang dihuni oleh kira-kira 120.000 orang yang kebanyakan adalah para perempuan dan anak.

Kepada para pengungsi di Kilis, mereka memberikan bantuan berupa alat pemanas, jaket, selimut, kaus kaki, sarung tangan, dan tempat tidur, selain sembako dan uang tunai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com