Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Magnificent 7 Cetak Bibit Musisi Baru

Kompas.com - 29/01/2018, 19:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bibit-bibit musik di Tanah Air mulai bermunculan. Ini terbukti dari ajang pencarian bakat Yamaha Magnificent 7 yang digelar Yamaha Musik Indonesia sejak Oktober 2017.

Dalam Magnificent 7, Yamaha mencoba mengadakan sebuah kompetisi individual untuk kategori gitar, bas, dan drum. Pemenangnya diumumkan dalam sebuah acara yang digelar di di Theater Besar, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Sabtu (27/1/2018) lalu.

"Para pemenang nantinya akan mendapatkan produk instrumen musik dari Yamaha. Namun bagi pemenang pertama, mereka juga mendapatkan kesempatan emas untuk bisa melakukan kolaborasi dengan Andra Ramadhan dalam sebuah karya single dan akan langsung diterbangkan ke Jepang untuk memilhat proses produksi pembuatan instrumen musik Yamaha," tulis Yamaha Musik Indonesia.

Peserta dipilih dan diseleksi oleh beberapa musisi terkenal, yakni Andra Ramadhan (Andra & The Backbone), Denny Chasmala, Ronald Steven, dan Rio Alief (NOAH/session player). Para peserta dicoba keahliannya dengan membawakan lagu milik Andra & The Backbone berjudul "3 Keajaiban".

Sebelumnya mereka juga terlebih dahulu melakukan online audition dan live audition. Di mana online audition diadakan dengan cara merekam video kemampuan peserta bermain alat musik, dan diunggah melalui akun YouTube.

Baca juga : Putra Yovie Widianto Segera Terjun ke Industri Musik Indonesia

Sementara untuk live audition, tim Yamaha Magnificent 7 berkunjung ke sembilan kota besar di Indonesia, yakni Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan.

Live audition dilakukan untuk membantu peserta yang ingin mengikuti ajang ini, tetapi tidak memiliki alat bantu rekam, baik video maupun audio.

"Jadi kita melihat tren medsos yamg berkembang dan kami memutuskan untuk mengadakan kompetisi online. Kami membagi menjadi dua bagian, mereka merekam perform sendiri dan men-submit-nya ke akun YouTube masing-masing, setelah itu ada live audition dari November hingga Desember," ujar Marketing Division PT Yamaha Musik Indonesia Distributor Bhagas Raditya.

Grand final

Dari 21 finalis, akhirnya ditetapkan masing-masing tiga pemenang untuk satu kategori. Untuk kategori gitar, juara 1 adalah Kenny Saputra, kategori bas oleh Angga Arena, dan drum disabet oleh Axel. Ketiga pemenang utama ini berhak mendapatkan produk Yamaha, jalan-jalan ke Jepang hingga membuat aebuah karya profesional bersama Andra.

Menurut salah satu dewan juri, Ronald Steven, bukan hal yang mudah untuk menentukan siapa yang juara.

"Semuanya jago-jago, semoga pilihan kami tak salah," ujarnya sesaat sebelum mengumumkan pememang si atas panggung.

Andra sebagai ketua dewan juri juga menyambut suka cita terpilihnya ketiga anak muda ini yang nantinya akan berkolaborasi dengan dirinya pada sebuah single.

"Kemungkinan besar lagu yang tadi (yang untuk lomba) yang akan diproduksi," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com