Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lika-liku Purwacaraka Dirikan Sekolah Musik

Kompas.com - 31/01/2018, 22:18 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komposer Purwacaraka mengatakan, selama 30 tahun mendirikan sekolah musik Purwa Caraka Music Studio (PCMS) banyak sekali pengalaman yang dirasakannya.

Tak hanya senangnya saja, kakak penyanyi Trie Utami itu juga merasakan pahit manisnya mengelola sekolah musik yang berdiri sejak 1988 tersebut.

"Saya enggak pernah bilang hal tersulit. Tapi problem itu selalu ada ya," ujar Purwacaraka dalam wawancara di Pisa Kafe, Menteng, Jakarta Selatan, Rabu (31/1/2018).

"Enam tahun pertama saya pernah menjalankan ini tanpa profit sama sekali. Ada korupsi kecil-kecilan dari staf, berbagai modus," sambung Purwa.

Semua masalah berhasil Purwa atasi demi kelangsungan sekolah musiknya. Bahkan, menurut dia, jatuh bangun cabang-cabang PCMS di berbagai kota di Indonesia pernah ia lalui.

Baca juga : Purwacaraka: Full Day School Bikin Waktu untuk Main Berkurang

Purwa percaya bahwa semakin lama usia sebuah lembaga, akan semakin berkualitas dan berkompeten.

"Enggak mungkin semakin lama semakin jelek, biasanya semakin lama semakin berkualitas. Itu yang kami lakukan," kata Purwa.

Sebagai penanda 30 tahun PCMS berdiri, lulusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1979 itu akan menggelar perayaan konser tiga dekade yang melibatkan para murid dan alumni PCMS.

Rencananya, konser itu akan digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat pada 3 November 2018 mendatang.

Sebelum perayaan puncak digelar, PCMS akan menggelar rangkaian acara seperti Final Festival Drum PCMS, Lomba Design Logo PCMS, Konser PCMS Choir di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com