Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Post, Pertarungan Para Jurnalis dengan Pemerintah AS

Kompas.com - 14/02/2018, 07:23 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara peraih Oscar Steven Spielberg merilis film terbarunya, The Post, pada 12 Januari 2018. Namun  film yang dibintangi dua aktor kawakan, Tom Hanks dan Meryl Streep, ini baru akan tayang di Indonesia pada 21 Februari mendatang.

The Post berangkat dari peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di Amerika Serikat pada era 1970-an, mengenai "pertempuran" antara jurnalis melawan pemerintah.

Kisahnya tentang Katherine Graham, penerbit wanita pertama dari surat kabar besar di AS - The Washington Post.

Dengan bantuan pimpinan redaksinya, Ben Bradlee (Tom Hanks), Graham berlomba mengejar ketinggalan dari The New York Times untuk mengungkapkan rahasia pemerintah Amerika.

Mereka berusaha menerbitkan Makalah Pentagon, dokumen rahasia mengenai keterlibatan 30 tahun pemerintah Amerika Serikat dalam Perang Vietnam.

Bersama-sama, Graham dan Bradlee rela mempertaruhkan karier serta kebebasan mereka demi membongkar rahasia pemerintah AS yang sudah terkubur lama.

The Post yang mendapatkan dua nominasi Piala Oscar 2018 (Best Picture dan Best Actrees) ini bakal tayang di sejumlah jaringan bioskop Indonesia, salah satunya di CGV Cinemas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com