Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Rilis Video Musik Sudah Terlambat dari Westjamnation

Kompas.com - 14/02/2018, 19:44 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Senin seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi pekerja. Lain ceritanya dengan Senin (12/2/2018) lalu, hari tersebut dipilih menjadi waktu yang tepat untuk merilis klip video "Sudah Terlambat" dari Westjamnation.

Paviliun 28, di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan didatangi puluhan muda-mudi yang ingin merayakan peluncuran klip video "Sudah Terlambat".

Komposisi yang tercipta dari petikan gitar sederhana dari Rifki Afsari dan suara vokal yang khas dari Jati Andito membuat lagu ini menjadi pilihan untuk dipersembahkan kepada publik dalam bentuk klip video.

Malam itu penonton yang datang dihibur oleh penampil pembuka MJ & The Carousel. Dengan petikan gitar akustik, denting piano, dan lirik bernapaskan kehidupan remaja, duo akustik yang masih belia ini berhasil mencuri perhatian penonton.

Penampil pembuka berikutnya adalah penyanyi dan penulis lirik, Gabriel Mayo. Dengan gitar dan cajon di kakinya, ia bernyanyi menghibur dengan lagu-lagu yang diambil dari albumnya berjudul "Hari Ini" dan single terbaru berjudul "Think Twice".  

Usai penampilan Gabriel Mayo, penonton digiring masuk ke ruang pemutaran untuk pertama kalinya menyaksikan klip video "Sudah Terlambat". Kapasitas ruangan yang terbatas membuat sebagian penonton tidak dapat masuk ke ruang khusus pemutaran film tersebut.

Sebelum pemutaran klip video, pembawa acara mengajak berbincang-bincang personel Westjamnation, penari dan model Hasna Mufidah, dan visual artist yang biasa disapa Atenk "Psychobiji". Klip video yang menggunakan teknik double exposure ini disutradarai oleh gitaris Westjamnation sendiri, Rifki Afsari.

"Teknik ini menggabungkan dua gambar atau lebih dengan memanipulasi mode eksposur dua gambar tersebut dan digabung menjadi satu komposisi. Melalui teknik double exposure, kami menyatukan lagu, gerak bahasa isyarat, tarian, dan visual art dalam sebuah medium audiovisual" ujar Rifki Afsari, Rabu (14/2/2018). 

Produksi karya audiovisual ini tidak lepas dari bantuan Mufi, seorang perempuan yang berprofesi sebagai desainer interior, penari, aktif di Gerkatin Kepemudaan dan Teater Musikal Inklusif, dan seorang tuli yang sehari-harinya menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi.

Sementara itu, Atenk dengan memanfaatkan overhead projector (OHP) berhasil menciptakan keindahan warna-warni psikedelia.

Klip video hasil kolaborasi ini membuat penonton berdecak kagum. Setiap ponsel siaga dalam mode merekam untuk diunggah ke media sosial. 

"Semoga dengan rilisnya video klip 'Sudah Terlambat', semakin banyak masyarakat yang mengapresiasi karya-karya kami," ungkap Jati Andito, vokalis sekaligus gitaris dari Westjamnation.

Penonton diajak kembali ke venue utama. Acara yang bertajuk #LebihIndahDariRealita: Pesta Rilis Video Musik "Sudah Terlambat" ini dilanjutkan dengan live perfomance dari Westjamnation yang membawakan nomor-nomor dari self-titled album dan dua lagu terbaru yang belum sempat direkam, yaitu "Stay" dan "Girl on the Rainbow".

Khusus lagu "Sudah Terlambat", Westjamnation mengajak Mufi ke atas panggung untuk menginterpretasikan lagu ini dan langsung dipancarkan sinar berwarna-warni dari OHP oleh Atenk.

Penonton terkesima akan keindahan warna-warni yang tercipta dari padu padan tinta-tinta, alunan musik, dan penampilan Mufi lewat bahasa isyarat dan tari kontemporernya. Sebuah performa musik mengagumkan yang memanjakan indera lewat audio maupun visual.

Setelah "Sudah Terlambat", dua lagu berikutnya Atenk  masih memberikan sajian visual untuk Westjamnation. Penampilan grup musik yang terdiri dari Rifki Afsari pada gitar dan Jati Andito pada vokal ditutup dengan kolaborasi bersama Michael Felisianus untuk lagu "Holiday".

"Holiday" menjadi epilog Westjamnation yang mengingatkan siapa saja untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk pekerjaan dan ambillah waktu berlibur. Gemuruh tepuk tangan pun memenuhi Paviliun 28 saat Westjamnation pamit undur diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com