Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alena Wu: Imlek Tahun Ini Jadi Momen Kembali Aktif di Industri Musik

Kompas.com - 16/02/2018, 10:37 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Imlek 2018 ini menjadi momen spesial penyanyi Alena Wu karena dihabiskan bersama keluarga dan putra keduanya, Moru Eiji Fauza yang baru lahir September 2017 lalu.

"Tahun ini hanya terima job bertema Imlek di luar tanggal 15 dan 16 Febuari. Akhirnya Imlek-an bareng keluarga setelah belasan tahun enggak pernah Imlek, mungkin tahun depan baru terima job pas Hari Imlek lagi," kata Alena melalui email yang dikirim untuk Kompas.com, Kamis (15/2/2018).

Tetapi, Alena tetap tidak bisa pulang kampung seperti tradisi Imlek pada umumnya.

"Ada job Imlek tanggal 14 Februari disusul deadlines rekaman studio, aku juga sedang program memperbanyak ASI buat Eiji, jadi bulan ini fokus hanya show  manggung dan rekaman studio di rumah," ucapnya.

Ditanya tentang arti Imlek tahun ini, Alena berujar, "Imlek selalu berarti dua hal untuk saya, pentingnya keluarga dan berdoa untuk rezeki baik. Imlek kali ini menjadi momen saya kembali aktif di industri musik Indonesia, setelah lima bulan pemulihan pascamelahirkan dan adaptasi show  manggung sambil memprioritaskan dua anak dan suami. Tidak mudah, tapi bisa".

Alena Wu merupakan keturunan Tionghoa, dia mampu berbahasa Mandarin, Inggris, dan Indonesia sehingga laris menyanyi untuk acara-acara yang membutuhkan entertainer tiga bahasa. Bahkan Alena sudah menyanyi di Vietnam, Macau, dan Singapura.

Saat ini sudah ada dua single baru karya sang suami Popo Fauza yang segera diluncurkan oleh Alena Wu.

Baca juga : Alena Wu Ajari Anaknya Tabung Uang Angpau

"Udah ada dua single yang siap rilis. Ada dua yang solo, satu yang duet. Jadi ada tiga, semuanya pop.  Satu diciptain suamiku, yang satu diciptain adikku, satu lagi duet sama temen Asia Bagus dulu. Aku kan juara satunya. Ini juara duanya, Gel Satiawati," kata Alena Wu. 

Alena Wu juga adalah salah satu figur publik pemerhati pendidikan anak, hingga menggagas Alena Sahabat Anak (ASA), komunitas belajar gratis di area rusun Senen yang sudah berjalan delapan tahun.

Berbicara soal kariernya, Alena Wu mulai dikenal lewat ajang tarik suara Asia Bagus di Singapore dan Malaysia pada 2000 lalu sebagai juara pertama mewakili Indonesia.

Dua tahun setelah kemenangannya, wanita kelahiran Malang Jawa Timur, 9 November 1981 ini meluncurkan album perdana berjudul Alena di bawah naungan perusahaan rekaman Universal Music Indonesia, lalu album Seindah Diriku pada 2008 bersama label Nagaswara, diikuti dengan lagu single "Tersenyumlah" di mana Alena berduet dengan Delon "Indonesia Idol".

Pada 2016 Alena menelurkan album ketiga yang berbahasa Mandarin berjudul Blessed yang menduduki peringkat pertama iTunes Mandopop Indonesia selama Febuari 2016. Lalu Alena mengeluarkan single "Sunset Disco" bersama adik kandungnya, Steve Muse, pada 2017 lalu.

Baca juga : Alena Wu Tak Bisa Kumpul dengan Keluarga Saat Imlek Tahun Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com