Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Rocker Lucky Resha Jadi Juri Lomba Musik Qasidah

Kompas.com - 01/03/2018, 07:33 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernah melejit pada era 1990-an, mantan rocker Lucky Resha yang kini beralih menjadi penyanyi religi didaulat sebagai juri lomba musik qasidah, Qasidah Hunt.

"Saya dipercaya sebagai juri. Saya excited banget, luar biasa ini, kan pas banget dengan saya yang sudah bergelut di dunia musik religi," ujar Lucky Rhesa dalam konferensi pers di Al Jazeera Signature, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2018).

"Kan lomba ini buat anak-anak zaman sekarang. Kalau kita kan dikenalkan oleh ibu-ibu kita dulu diajak ke acara-acara keagamaan, tapi anak sekarang kan enggak semua familiar. Jadi buat saya antusias pasti," tambahnya.

Mulanya Lcky tak menyangka dipercaya menjadi juri untuk lomba musik qasidah. Pasalnya, Lucky berasal dari jalur musik rock dan baru beberapa tahun terakhir aktif bermusik dalam grup qasidah, Riyadhus Shalihin.

"Itu dia tuh, enggak tahu juga jalannya begini. Kan album pertama saya rock banget, pure, jadi berangkat dari musik rock. Festival rock juga banyak yang saya ikuti. Tiba-tiba di sini (musik religi) ya alhamdulillah itu kan udah jalannya," ujar Lucky.

Menyambut tugasnya sebagai juri Qasidah Hunt yang dimulai pada 3 hingga 5 Maret mendatang, Lucky akan menilai beberapa hal utama berdasarkan pengalamannya.

"Ya saya dari vokal kemudian dari kekompakan terus pembagian suara, intonasi dan penampilan. Penampilan perlu karena itu yang membungkus sehingga qasidah ini jadi modern. Di zaman sekarang di-wrap dengan unsur modern, tapi tidak keluar dari syariat Islam," ujarnya.

Lomba Qasidah Hunt yang memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah ini akan digelar di empat masjid yang berada di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang.

Pesertanya disyaratkan beranggota 10 - 15 perempuan berusia 20 hingga 40 tahun yang membawakan satu lagu umum dan satu lagu jingle.

Para pemenang tiap wilayah nantinya berlomba kembali untuk menentukan Best of The Best pada perlombaan puncak 5 Maret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com