Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Meninggal, Jo Min Ki Sempat Tulis Surat

Kompas.com - 10/03/2018, 11:12 WIB
Rizky Chandra Septania,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebelum ditemukan tewas, aktor Jo Min Ki sempat menulis sebuah surat. Surat yang ditulis tangan olehnya sempat dikirim ke media seminggu sebelum kematiannya.

Berdasarkan laporan, surat yang ditulis oleh Jo Min Ki dikirimkan ke kantor berita Dispatch untuk mengklarifikasi tuduhan kasus pelecehan seksual. Dalam surat itu, Jo Min Ki menuliskan, "Semua kesalahanku, kejahatanku".

Lewat surat itu ia mengungkapkan pernyataan maaf atas kasus yang kini tengah menimpanya.

"Saya tertangkap basah seiring dengan berjalannya waktu sehingga ini makin sulit ku tanggung. Saya menjadi seorang pengecut yang menghindari dan menolak masalah ini," tulisnya.

Baca juga : Sebelum Ditemukan Tewas, Jo Min Ki Telepon Teman-teman

Tidak hanya itu, pria yang mengembuskan nafas terakhirnya di usia 52 tahun itu juga mengaku malu dan menyesal atas perbuatannya seperti dikutip dari Kompas.com dari Metro pada Sabtu (10/3/2018).

"Saya malu dan menyesal. Selama tujuh tahun terakhir, saya tidak punya pilihan lain kecuali menjadi seorang profesor untuk para junior saya. Saya pribadi mencoba melepaskan rasa canggung, sekali lagi saya minta maaf pada yunior yang merasa sudah saya permalukan," tambahnya.

Dalam surat tersebut, Jo Min Ki juga menyampaikan bahwa awalnya ia tak ingin mengirimkan tulisannya. Namun pada akhirnya, ia mengganti keputusannya dan tetap mengirimkan surat sebagai pernyataan maaf secara resmi.

"Sudah terlambat untuk mengatakan ini. Tapi saya akan meninggalkan semuanya. Saya akan menghabiskan sisa hidup untuk merenungkan kesalahan. Saya akan menebus kesalahan dengan melakukan servis. Sekali lagi saya minta maaf," tutup Jo Min Ki dalam suratnya.

Sebelumnya, Jo Min Ki dituduh melakukan pelecehan seksual oleh seorang perempuan yang mengaku sebagai mahasiswanya. Awalnya, ayah dua anak itu membantah.

Baca juga : Dituduh Lakukan Pelecehan, Aktor Korea Jo Min Ki Ditemukan Tewas

Setelah aktris Song Ha Neul dan beberapa orang lain angkat bicara dan mengungkap perlakuan aktor tersebut terhadap mahasiswinya, ia pun mengakui perbuatannya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, aktor sekaligus profesor di Universitas Cheongju itu mengundurkan diri dari jabatannnya.

Tidak sampai disitu. Sang agensi, Will Entertaiment juga membatalkan kontraknya. Bahkan perannya dalam drama Children of Lesser God juga ditangguhkan.

Jumat kemarin, Jo Min Ki ditemukan tewas di ruang penyimpanan dekat area parkir bawah tanah. Menrut dugaan sementara, kematian Min Ki disebabkan oleh bunuh diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com