Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titiek Puspa Ingin Pemerintah Dirikan Teater untuk Anak

Kompas.com - 12/03/2018, 13:13 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sudah berusia 80 tahun, penyanyi, pencipta lagu, dan artis peran senior Titiek Puspa rupanya masih menyimpan sebuah mimpi.

Perempuan bernama asli Sudarwati ini berharap pemerintah membangun gedung teater khusus untuk anak.

"Saya memohon pada negeri ini agar ada teater anak. Karena, dengan adanya teater anak, anak bisa melihat, 'Oh Indonesia begini, lho,' dia terpacu untuk berbuat (berkarya)," kata Titiek dalam acara Beautifying di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, baru-baru ini.

Baca juga: Titiek Puspa Raih 3 Penghargaan di Hari Ulang Tahunnya

Pencipta lagu "Kupu-kupu Malam" ini membayangkan bahwa, apabila nantinya ada tetaer anak, akan banyak kegiatan yang bisa digelar di situ, termasuk pertunjukan panggung dan lomba seni.

"Nah, dari situ nanti bisa diadakan lomba. Teater itu khusus anak. Makanya, saya ingin mngumpulkan anak-anak tidak mampu, yang sense of art-nya besar," ujar perempuan yang lahir pada 1 November 1937 ini.

Baca juga: Harapan Titiek Puspa Jelang Ulang Tahun ke-80

Bukan tidak mungkin, lanjut perempuan yang memulai karier seninya sejak 1953 itu, suatu saat nanti lahir para maestro dari generasi muda yang ditempa di teater anak-anak itu.

Kalau pemerintah tak juga membangun teater untuk anak, Titiek berharap bisa mewujudkan impiannya itu dari jerih payahnya sendiri.

"Karena anak sekarang itu cepet, jangan underestimate. Anak sekarang itu diajarin dua atau tiga kali udah jreng... jadi. Itu cita-cita saya. Mudah-mudahan ada teater untuk anak-anak," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com