Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ringo Starr The Beatles Dapat Gelar Kehormatan dari Kerajaan Inggris

Kompas.com - 21/03/2018, 09:52 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Drummer grup band legendaris The Beatles, Ringo Starr, mendapatkan penghargaan MBE (Member of the Order of the British Empire) dari kerajaan Inggris.

Lencana kehormatan tersebut diberikan langsung oleh Pangeran William yang bergelar The Duke of Cambridge di Istana Buckingham, London, Selasa (20/3/2018) waktu setempat.

"Selamat, Sir Ringo Starr! Hari ini di Istana Buckingham, drummer Beatles mendapat kehormatan dari The Duke of Cambridge untuk jasanya pada dunia musik," tulis akun Twitter resmi kerajaan Inggris, @RoyalFamily, seperti dikutip oleh Kompas.com, Rabu (21/3/2018).

Pengumuman itu disertai dengan foto penobatan Starr. Dalam gambar itu tampak Starr yang mengenakan jas hitam berlutut di hadapan Pangeran William yang meletakkan pedang di pundak kirinya sambil memberikan gelar Sir kepada Ringo Star.

Baca juga : Rayakan 25 Tahun, Twilite Orchestra Gelar Konser Lagu The Beatles

Starr pun memberikan responsnya melalui akun Twitter @ringostarrmusic.

"Another busy day for Sir. Ringo. peace and love peace and love," tulisnya.

Starr menjadi personel The Beatles kedua yang menerima gelar kehormatan tersebut karena dianggap berjasa dalam bidang musik dan amal. Sebelumnya, pada 1997 lalu, rekan satu bandnya Paul McCartney juga dianugerahi MBE.

Jauh sebelum itu, sekitar lima dekade lalu, Star dan McCartney sebenarnya sudah pernah menggenggam lencana MBE ketika The Beatles mendapatkan penghargaan yang sama pada Oktober 1965.

Namun, John Lennon sang vokalis yang meninggal dibunuh saat umur 40 tahun mengembalikan lencana MBE-nya sebagai bentuk demonstrasi terhadap perang pada 1969 silam. Sementara gitaris The Beatles, George Harrison, tutup usia karena kanker pada 29 November 2001.

Selain Starr, penghargaan MBE tersebut juga pernah diterima penyanyi Adele (2013) dan Ed Sheeran (2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com