Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayushita: Menjadi Penyulih Suara Itu Sulit

Kompas.com - 04/04/2018, 19:46 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Ayushita (28) mengaku menggemari serial kartun Doraemon, yang telah menjadi tontonannya sejak kecil.

Di balik tokoh-tokoh kartun itu, ada para penyulih suara yang menjalankan tugasnya dengan baik agar anak-anak mudah mengerti jalan cerita Doraemon yang awalnya berbahasa Jepang menjadi bahasa Indonesia.

Menurut Ayushita, menjadi penyulih suara adalah pekerjaan yang cukup sulit. Ia merasakannya saat harus menyulih suara untuk karakternya sendiri.

"Aku dubbing untuk film sendiri aja itu susahnya setengah mati. Biasanya harus recall lagi karakternya," kata Ayushita saat menghadiri peluncuran DVD Original Film Doraemon di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (4/4/2018).

Baca juga : Ayushita Pilih jadi Artis Ketimbang Kerja di Balik Layar

Ia pun mengagumi para penyulih suara kartun kesayangannya tersebut. Apalagi sejak Doraemon muncul sejak 1990-an, hingga saat ini, mereka bisa mempertahankan karakter-karakter suara tersebut.

"Yang sudah panjang umurnya, aku kagum mereka bisa mempertahankan karakter yang sama. Punya pakemnya sendiri yang menurut aku luar biasa dan bisa diacungi jempol," kata dia.

Sayangnya, Ayushita belum berniat untuk menjadi seorang penyulih suara. Menurut dia, semua orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

"Belum. Masing-masing bidang punya kelebihan dan pressure sendiri. Jadi dubber yang serial panjang pasti punya pendalaman dan motivasi sebagai seorang karakternya yang harus konsisten. Aku kagum konsistennya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com