Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tohpati Tertantang Taklukan Duet Gitar dan Kendang

Kompas.com - 12/04/2018, 23:33 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Berkolaborasi dengan pemain kendang bukanlah pengalaman pertama bagi gitaris kawakan Indonesia, Tohpati.

Ia sudah berkali-kali memadukan suara alat musik tradisional Jawa Barat itu dengan petikan gitar akustiknya. Namun, untuk bermain berdua saja dengan pemain kendang, Tohpati merasa sangat tertantang.

"Aku main dengan kendang tuh udah sering sih. Tapi format duo baru-baru aja. Menurut aku, tantangan tersendiri sih main berdua," kata Tohpati saat berbincang dengan Kompas.com di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jalan Palmerah Selatan, Jakarta, Kamis (12/4/2018).

[Baca juga : Tohpati Kawinkan Gitar dan Kendang di Bentara Budaya Jakarta ]

Ia kali pertama berduet dengan penabuh kendang, Endang Ramdan, di Bandung, Jawa Barat. Kemudian, Tohpati beraksi di Milan, Italia, pada Desember 2017 lalu. Terakhir, duo gitar-kendang Tohpati dan Endang tampil di Bentara Budaya Jakarta, Kamis malam.

Tohpati mengatakan, bagian paling menantang adalah ketika ia harus bisa merancang pembagian tugasnya dengan Endang serta mengatur harmoniasi.

"Main sendiri paling berat, tapi kalau berdua, selain bagi-bagi tugasnya harus dirancang, balance juga penting sih. Seru aja main berdua karena belum ada. Selalu nyari yang belum ada, hehehe," ucap Tohpati.

Selain itu, mengemas lagu atau komposisi yang menarik untuk dimainkan dengan kendang dan gitar menurut dia juga rumit.

"Gimana kami sebagai player, enjoy mainnya dan nambah wawasan. Mengaransemen lagu dan membuat lagu yang unik, tantangannya di situ. Buat komposisi yang menarik yang susahnya itu aja sih," ucap Tohpati.

[Baca juga : Janapati, Proyek Musik Baru Dewa Budjana dan Tohpati]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com