Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keroncong Lombok Jeprit di Bentara Solo

Kompas.com - 20/04/2018, 08:03 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com--Malam ini, Jumat 20 April 2018 mulai pukul 19.30 WIB, Bentara Budaya Solo kembali menggelar acara Keroncong Bale, dengan menampilkan Orkes Keroncong “LOMBOK JEMPRIT” SMA Santo Yosef.

Keroncong Bale merupakan salah satu program pementasan musik keroncong yang dilakukan secara rutin oleh Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo.

OK Lombok Jemprit merupakan kelompok keroncong siswa SMA PL Santo Yosef Surakarta. Kelompok keroncong ini terbentuk pada tahun 2006, yang merupakan pengembangan dari Orkes Keroncong Lombok Pedes yang beranggotakan Guru dan Karyawan. Hal ini bertujuan agar musik keroncong  dapat terus diminati generasi muda.

OK Lombok Jemprit pentas secara rutin diacara hari ulang tahun sekolah yang biasa disebut "Yosef Day", dan acara perpisahan sekolah. Selain itu, Kelompok ini secara rutin tampil diacara  gebyar kemerdekaan atas permintaan dari Walikota Surakarta di area galabo serta event pemerintah kota di benteng Vastenburg.
 
Di bawah pimpinan Kepala Sekolah Br. Stefanus Ngadenan FIC serta Asuhan dari KRH Dony Wiratmo, musik keroncong di SMA PL Santo Yosef dapat terus berkembang dan menjadikan siswa mencintai keroncong. Apresiasi yang tinggi dari warga sekolah untuk terus nguri nguri musik keroncong sebagai aktualisasi kota Solo sebagai kota budaya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com