Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruth Marini Terpilih Perankan Sinto Gendeng karena Suara Tertawa

Kompas.com - 03/05/2018, 21:22 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Salah satu faktor yang membuat pemain teater Ruth Marini terpilih memerankan karakter Sinto Gendeng dalam film Wiro Sableng adalah suara tertawanya.

"Karena Ruth bisa men-translate apa yang dia baca sebagai Sinto Gendeng hanya melalui suara tertawa (perempuan) umur 80 tahun," kata produser Wiro Sableng, Sheila Timothy atau Lala, saat ditemui di JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (3/5/2018).

Selain itu, Ruth menurut Lala, memenuhi semua karakter yang mereka butuhkan untuk Sinto Gendeng.

Khususnya soal kemampuan fisik karena Sinto digambarkan sebagai pendekar silat yang sangat sakti.

[Baca juga : Demi Sinto Gendeng, Wajah Ruth Marini Dirias Selama 8 Jam ]

"Ada beberapa kami casting tapi ini dan itu, salah satu misalnya sudah oke tapi ternyata secara fisik tidak memungkinkan. Di mana kami butuh pakai sling, jadi banyak yang gugur. Tapi yang paling memenuhi seluruh kriteria adalah Ruth Marini," ujar Lala.

Lala mengatakan, awalnya nama Ruth direkomendasikan oleh aktris Happy Salma. Kebetulan, Ruth adalah salah satu pelakon dalam kelompok teater milik Happy.

Setelah itu, Lala pun memanggil Ruth untuk menjalani seleksi pemain atau casting untuk karakter Sinto Gendeng, guru Wiro Sableng.

"Ruth Marini itu di-casting, semua pemain kami casting," ujar Lala.

Setelah melihat akting Ruth dan menyaksikan aksi penyandang gelar Aktris Monolog Terbaik Indonesia itu di beberapa lakon teater, Lala dan tim menjatuhkan pilihan pada Ruth.

"Ketika melihat beberapa hasil teaternya, kami panggil dia casting. Ya udah pas casting-nya, dialah Sinto Gendeng," ucap Lala.

[Baca juga : Produser: Sinto Gendeng Salah Satu Karakter yang Paling Sulit ]

Dalam film Wiro Sableng, Ruth akan memerankan karakter Sinto Gendeng dalam tiga rentang usia, yaitu 40 tahun, 60 tahun, dan 80 tahun. Untuk transformasi penampilannya, Ruth akan ditangani oleh make-up artist Jerry Oktavianus.

Selain itu, Production Designer Adrianto Sinaga, Jerry dan Costume Designer Nadia Adharina akan melengkapi penampilan Eyang Sinto.

Film Wiro Sableng ini merupakan adaptasi dari buku seri Wiro Sableng karya Bastian Tito yang terdiri dari 185 judul. Buku tersebut untuk kali pertama diterbitkan pada 1967 hingga 2006 dan pernah sekali diangkat ke layar lebar serta sinetron.

Shooting film yang diproduksi atas kerja sama antara Lifelike Pictures dengan Fox International Production (divisi 20th Century Fox) itu telah dimulai pada Agustus hingga November 2017. Saat ini telah memasuki tahap post-production.

Film ini menghadirkan aktor Vino G Bastian sebagai Wiro Sableng, aktris Marsha Timothy, Andy "/rif", Sherina Munaf, Yayan Ruhiyan, Fariz Alfarizi, dan lainnya.

Film arahan sutradara Angga Dwimas Sasongko ini akan tayang perdana di gedung bioskop Tanah Air mulai September 2018.

[Baca juga : Poster Karakter Sinto Gendeng Paling Beda dan Konyol, Ini Alasannya]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com