Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 15 Tahun, Jaksa Tolak Tuntut Nick Carter Atas Kasus Dugaan Pemerkosaan

Kompas.com - 12/09/2018, 09:08 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Billboard

JAKARTA, KOMPAS.com.com -- Jaksa tak akan menuntut Nick Carter, salah satu personel Backstreet Boys, atas kasus dugaan pemerkosaan terhadap remaja perempuan berusia 18 tahun pada Februari 2003 lalu.

Pihak kejaksaan Los Angeles mengumumkan pada Selasa (11/9/2018) waktu setempat, mereka menolak kasus tersebut karena batas waktu perkaranya sudah berakhir atau kedaluwarsa.

Pada 15 tahun yang lalu, polisi menerima laporan dugaan serangan seksual yang diduga dilakukan oleh Carter, namun Carter membantah keras tuduhan itu.

Sesuai prosedur untuk kasus dugaan pemerkosaan, polisi tak merilis nama korban yang melaporkan Carter.

Baca juga: Cekik Penjaga Bar, Nick Carter Backstreet Boys Ditangkap Polisi

 

Namun ketika media ramai memberitakan kasus tersebut, penyanyi Melissa Schuman menulis status di Twitter yang mengisyaratkan dialah korban itu.

"Saya akhirnya melakukan apa yang saya pikir tidak bisa saya lakukan lagi. Saya mengajukan laporan polisi #timesup #bebrave #bethechange #metoo terima kasih @RAINN (the Rape, Abuse & Incest National Network) untuk mendorong saya mengambil langkah ini," tulisnya pada 7 Februari 2003.

Setelah pengumuman, bahwa jaksa menolak kasus dugaan pemerkosaan tersebut, Schuman merilis sebuah pernyataan.

"Keluarga saya dan saya sangat menyadari kemungkinan bahwa kasus saya tidak dapat dituntut karena undang-undang pembatasan di California terkait pemerkosaan yang diubah pada 2016," katanya dalam pernyataan itu.

"Sangat disayangkan bahwa hukum tidak sepenuhnya berlaku surut untuk mengakomodasi serangan yang telah terjadi di masa lalu, terlepas dari seberapa jauh kembali," lanjut Schuman.

"Ini memberi saya penghiburan besar untuk mengetahui bahwa kesaksian saya sepenuhnya didokumentasikan, diselidiki dan dimeteraikan untuk masa depan jika diperlukan oleh penegak hukum. Saya memberikan pernyataan saya, seperti yang dilakukan para saksi lainnya. Berbicara adalah hal terbaik yang pernah saya lakukan untuk diri saya sendiri dan saya berharap itu mengilhami orang lain untuk melakukan hal yang sama," katanya lagi.

Baca juga: Backstreet Boys Mengaku sebagai Penggemar Berat BTS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Billboard
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com