Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Pemenang Asia-Pacific Electone Festival 2018

Kompas.com - 16/10/2018, 15:56 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk kesekian kalinya Yamaha Musik Indonesia Distributor kembali menjadi tuan rumah Asia-Pacific Electone Festival (APEF) 2018, setelah pada 2012 lalu menjadi tuan rumah untuk acara serupa.

Kompetisi APEF kali ini diikuti oleh 23 peserta yang berasal dari 7 negara Asia, yakni China, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Taiwan.

Berdasarkan umur, peserta dibagi menjadi tiga kelas, yakni Junior Section 2, Junior Section 3, dan Junior Section 4. Indonesia sendiri mengirimkan dua pesertanya di tiap kelas, yaitu Junior Section 2 diwakili Dionsyus Dino Notohardjo dan Gisella Bertha Amran, Junior Section 3 oleh Sabina Octaria Siregar dan Indira Jazmine, sedangkan untuk Senior Section diwakili Rio Manuel dan Gabriella Febriani Atmadja.

Baca juga: Tumbangkan Seribu Peserta, Ini Pemenang Lomba Cipta Lagu Anak 2018 

Dalam sambutannya di acara konferensi pers, sehari sebelum acara final berlangsung di Hotel Crown Jakarta, Sabtu (13/10/2018), Presiden Direktur PT YMID Shinichi Takenaga menyambut gembira atas terpilihnya kembali Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi bergengsi ini, ia juga tak lupa menyuntikkan semangat kepada seluruh peserta yang juga hadir.

Para peserta yang lolos di final Asia-Pacific Electone ini telah melalui perjuangan panjang. Melalui sekolah kursus Yamaha, peserta harus lolos seleksi tingkat daerah, kabupaten dan kemudian nasional, setelah itu baru bisa berlaga di final Asia-Pacific Electone. Pemenang dari kompetisi ini akan lanjut di kompetisi yang sama namun dalam tingkatan yang lebih tinggi (mendunia) yang akan berlangsung di Jepang dalam ajang International Electone Concours.

"Mengikuti kompetisi seperti ini adalah hal yang mengesankan, harus diikuti dengan semangat yang besar," ujar Alexander Devano Aryasena, juara APEF tahun 2016.

Devano yang malam itu tampil unjuk kemampuannya di hadapan para peserta kembali mengingatkan pentingnya berekspresi dalam penilaian improvisasi yang menjadi salah satu poin penilaian juri.

Kompetisi yang berlangsung sejak tahun 1964 ini sendiri telah banyak melahirkan talenta-talenta muda khususnya dalam bidang aranjer dan mencipta lagu, di antaranya Tamam Husein, Widya Kristianti, Marcel Aulia, Steven "Warna" Tamadji , dan yang sedang naik daun adalah Isyana Sarasvati.

Pemenang

Bertempat di Tiara Room, Hotel Crown Jakarta, APEF 2018 berlangsung Minggu Malam (14/10/2018) mulai pukul 15.00 hingga 19.00 WIB , para juri yang terdiri dari Naoko Hirota, Widya Kristianti dan Yasuaki Inomoto akhirnya mendapuk nama-nama berikut sebagai pemenang:

Junior Section 2
Bronze : (Taiwan) Chi, Belle Joyce
Silver : (Indonesia) Dionysius Dino Notohardjo
Gold : (China) Jin Yongxiang

Junior Section 3
Bronze : (Indonesia) Indira Jazmine
Silver : (China) Liu Yeung
Gold : (Thailand) Thanatat Dheravijaranayankul

Senior Section:
Bronze : (Taiwan) Chang Hsuan Lin
Silver : (Singapore) Pualina Lim Mei En
Gold : (Indonesia) Rio Manuel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com