Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yorie Kumalasari, Effects Artist dari Surabaya untuk Film-film Hollywood

Kompas.com - 29/10/2018, 08:45 WIB
Ati Kamil

Editor

WASHINGTON DC, KOMPAS.com -- Profesi effects artist atau seniman penggarap efek dalam film di AS masih jarang ditekuni oleh perempuan.

Yorie Kumalasari dari Surabaya merupakan salah satunya. Ia dipercaya untuk menjadi effects artist di studio bergengsi DreamWorks Animation di California.

Studio DreamWorks Animation di Glendale, tak jauh dari Los Angeles, California, terkenal dengan produksi film-film animasi yang selalu meledak pada box office Amerika, antara lain Kung Fu Panda, How to Train Your Dragon, The Boss Baby, dan Trolls.

Yorie merupakan salah satu anggota tim sukses DreamWorks Animation, yang dipercaya untuk menjadi effects artist sejak Februari 2018.

Baca juga: Disney Animation Studios Mengunci Desainer Animasi dari Indonesia

"Sekarang lagi ngerjain (film) How to Train Your Dragon yang ketiga," ujar Yorie ketika dihubungi oleh VOA Indonesia baru-baru ini.

Suami Yorie pun berprofesi sebagai animator Walt Disney Animation Studio dan terlibat pula dalam penggarapan dua film pertama dan film kedua How to Train Your Dragon.

"Jadi kayak family legacy sekarang," kata Yorie lalu tertawa.

"Dia mengerjakan yang pertama dan kedua, saya yang menyelesaikan," tambahnya.

Film How to Train Your Dragon: the Hidden World atau yang ketiga dijadwalkan akan dirilis Februari 2019.

Dari Surabaya ke AS
Berprofesi sebagai effects artist, Yorie Kumalasari bertugas "menghidupkan" gambar-gambar dalam film. Contohnya, air, ledakan, api, asap, dan debu.

"Saya ambil master di New York University, major-nya Digital Imaging and Design. Di situ saya belajar 3D dan saya kira effects itu yang paling keren gitu di bagian 3D. Jadi, saya belajar untuk effects and akhirnya saya sekarang sudah mengerjakan banyak film di US (United States)," papar Yorie, yang lulus S1 Jurusan Sistem Informasi dari Universitas Surabaya.

Hingga kini, Yorie sudah terlibat dalam penggarapan film-film Hollywood terkenal, antara lain, Power Rangers, The Fate of The Furious, dan Hotel Artemis.

Bisa melihat namanya terpampang di bagian akhir film tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Yorie dan juga orangtuanya.

"Senang ya, karena saya itu waktu di Indonesia sering melihat film-film Hollywood. Papa (dan) Mama saya juga suka nonton bioskop. Jadi sekarang kalau lihat nama saya di credit kan jadi senang banget," cerita perempuan kelahiran Riau pada 1981 ini.

Baca juga: Jalan Mulus Animator asal Indonesia, Renald Taurusdi, Menuju Avengers: Infinity War

Sebelum bekerja di DreamWorks Animation, Yorie Kumalasari juga pernah bekerja di perusahaan The Mill di New York dan Los Angeles, di mana ia mengerjakan produksi banyak iklan untuk televisi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com