Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Artis Indonesia Dukung Gerakan Antikekerasan Berbasis Gender lewat 16FF

Kompas.com - 16/11/2018, 18:34 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk kali kedua, 16 Film Festival (16FF) digelar untuk kali kedua. Festival film ini diselenggarakan untuk berpartisipasi dalam kampanye antikekerasan berbasis gender dan seksual.

Tercatat 16 selebritas Tanah Air mendukung gerakan yang diinisiasi oleh Kalyana Shira Foundation dan 100% Manusia Film Festival itu.

Mereka adalah Ayushita, Chicco Kurniawan, Ananda Sukarlan, Hannah Al Rasyid, Ichsan Akbar, Karina Salim, Putri Ayudya, Richard Kyle.

Kemudian ada Wulan Guritno bersama putrinya Shaloom Razade, Dea Panendra, Denna Rachman, Tara Basro, Tatyana Akman, Melissa Karim dan Lukman Sardi.

Saat ditemui dalam jumpa pers 16FF di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018), Wulan mengungkapkan alasannya mengikuti gerakan ini.

"Pastinya satu, diajak melakukan sesuatu yang positif pasti disisihkan waktunya. Terus kadang korban kekerasan susah bersuara karena merasa sendiri. Atau korban sudah bersuara tapi lingkungannya yang tutup mulut," ungkap Wulan

"Mungkin dengan adanya gerakan seperti ini, pelan-pelan kita semua makin paham makin enggak sendiri," sambungnya.

Sementara Richard Kyle berpendapat bahwa kaum pria pun perlu mendukung gerakan seperti ini.

"Aku percaya tentang rasa kemanusiaan di setiap orang dan menurutku penting bagi para pria untuk mendukung gerakan ini. Saya benar-benar percaya kita memiliki rasa kemanusiaan itu," ucap kekasuh Jessica Iskandar itu.

Acara itu akan memutar 16 film pendek dan 16 film panjang di kota-kota di seluruh Indonesia, mulai 25 November hingga 10 Desember 2018 mendatang.

Baca juga: Gerakan #MeToo Dunia Jadi Person of the Year versi Majalah Time

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com