Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku dan Keroncong di Bentara Solo

Kompas.com - 12/12/2018, 16:25 WIB
Jodhi Yudono

Penulis


Emperan Bentara Muda
“BANCAKAN”
Merayakan Keakraban Buku, Musik, Film, dan Rupa
Kerjasama Bentara Muda Solo, Ruang Atas serta beberapa komunitas di Solo
Rabu,  12 Desember 2018 | Pukul 15.00-22.00 WIB


Rabu, 12 Desember 2018 di Balai Soedjatmoko, komunitas buku, film, musik, dan rupa akan bersua di satu tempat.

Mulai pukul tiga sore sampai malam, pengunjung akan disuguhi obrolan-obrolan seru tentang perbukuan, workshop, nonton dan diskusi film, juga menikmati musik dari para pemusik Solo.

Ada juga stan-stan tidak formal, yang memungkinkan pengunjung bertemu dengan berbagai komunitas sastra, musik, film, dan rupa seperti,  Sketsa Wajah Biasa Saja, Manuva Kolase, Ruang Atas, Thank Full Artwork Costom Denim. Sedangkan dari buku dan sastra ada Susano Book, Kampungnesia, Bilik Literasi, Pawon Sastra.


Keroncong Bale
Orkes Keroncong Winada, Solo
Jumat, 14 Desember 2018 | Pukul 19.30 WIB

Beralamat di Tempen Baturono RT 01 RW III Joyosuran Pasar Kliwon Solo, Orkes Keroncong Winada yang dipimpin oleh Ibu Winahyu Harjito, terbentuk secara resmi pada tanggal 5 Pebruari 2015.

Bagi Ibu Winahyu, mendirikan OK Winada hanya bagian terkecil bentuk kepedulian terhadap kemajuan musik keroncong. Karena, diawali dari kepedulian dan memiliki jiwa penuh kegembiraan, menurutnya hal itu yang sementara ini bisa mewakili tentang kata “melestarikan budaya” Khususnya Musik keroncong yang sudah turun temurun.  Orkes Keroncong Winada ini yang sudah berjalan 3 tahun, sedikit banyak sudah berbartisipasi dalam kegitan masyarakat, Beraneka macam bentuk kegitan yang telah dimasuki seperti acara keagamaan, Hajatan, Pemerintahan, Kampung dan Gelar Budaya yang bersifat Formal dan Non Formal.

OK Winada didukung oleh beberapa personel dalam pementasannya, instrumen flute ada pak Wawan, instrumen Biola ada pak Heru, intrumen Gitar ada pak Asek, intrumen Cuk ada pak Sarno, intrumen Cak ada pak Agung, intrumen Cello ada pak Sigit, dan intrumen Bass ada pak Endrayatno. Dari penyanyi ada Lagu Wiwit Aku Isih Bayi yang di nyanyikan ibu Winahyu, lalu Lagu Kroncong Tanah Airku dan Tanjung Perak, bapak Yuwono menyanyikan lagu setambul Dewa Dewi dan lagu Setya Janjiku, lalu ibu Titik Widiati menyanyikan Langgam Jawa Meh Rahino dan Langgam Jawa Dadi Ati dan Bapak  Sarjiyanto menyanyikan Langgam Jawa Nyungging ati dan Langgam Jawa Ngimpi.

Untuk pementasan diacara Keroncong Bale ini, kami juga akan menambah personil di instrumen Cuk (Ukulele) yang dimainkan oleh ananda Gading siswa SDN Mangkubumen wetan kelas 5 dan Penyanyi Ananda Margaretha Rahma Deo siswa klas 5 SDN Mangkubumen Wetan no 63 yang akan menyayikan lagu Bengawan Solo, Bunda Cinta siswa klas 2 SMP Alumnus SDN Mangkubumen Wetan  no 63 dengan lagu You raise me up. Alasan kami melibatkan Anak – anak  hanyalah memerikan ruang untuk mengenal Musik keroncong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com