Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kimo Stamboel Harus Tahan Diri Saat Garap Film DreadOut demi Lulus Sensor

Kompas.com - 12/12/2018, 18:49 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Kimo Stamboel mengaku harus menahan diri, agar film action-horror DreadOut yang digarapnya bisa lulus dari Lembaga Sensof Film (LSF).

"Dari awal gua sudah diwanti-wanti oleh produser. 'Kim, lu kalau bisa bikin film yang klasifikasi 17 tahun aja'. Film gua sampai detik ini belum ada yang klasifikasi 17 tahun, di atas 21 tahun semua," ujar Kimo saat berbincang di ruang redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).

"Akhirnya gua coba deh, gua kejar ke 13 tahun bisa enggak di film ini. Jadi memang sedikit ada ngeremnya. Kita lihat aja nanti. Sekarang aja masih proses nih di Lembaga Sensor Film. Enggak tahu nih keluarnya apa," sambung Kimo dengan nada optimis.

Baca juga: Ciccio Manassero, Si Berandal Penakut dalam Film DreadOut

Eksekutif produser Wida Handoyo membenarkan, bahwa ia telah meminta Kimo untuk menahan diri untuk tidak membuat film yang berdarah-darah.

Bersama Mo Brother, sebutan untuk duet sutradara Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto, mereka memilih ciri khas film yang berdarah-darah.

"Kami ngobrol antar produser, kami diskusi bagaimana maksimal di klasifikasi 17 tahun, walaupun kami mencoba di klasifikasi 13 tahun. Kami coba di 13 tahun. Tapi, karena cerita, dan Kimo punya Mo Brohter kami enggak mau menghilangkan juga, kami enggak mau kehilangan itu," ujar Wida.

"Akhirnya kami sepakat di klasifikasi 17 tahun maksimal. Tapi, enggak mau lebih ke 21 tahun. Adegan-adegan khas Kimo harus ada, itu yang bikin beda dari horor lain. Yang darah-darahnya itu dikurangi, itu yang kami coba," sambungnya.

Film DredOut merupakan film yang diadaptasi dari sebuah permainan game video berjudul sama yang dibuat oleh Rachmad Imron.

DreadOut menjadi game indie horror yang populer di platform internasional STEAM dan menjadi semakin popular ketika PewDiePie (YouTuber Internasional) memberikan review positif terhadap game ini

Untuk versi filmnya digarap oleh rumah produksi GoodHouse Production bekerja sama dengan CJ Entertainment, Sky Media, dan Nimpuna Sinema & Lyto.

Film ini mengisahkan bagaimana Linda yang memiliki kekuatan supranatural bisa terjebak di dalam “DreadOut” bersama kakak-kakak kelasnya. Rencananya akan tayang pada 3 Januari 2019 di seluruh jaringan bioskop Tanah Air.

Baca juga: Caitlin Halderman Ingin Penuhi Ekspektasi Penggemar Game Dreadout

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com