Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukses lewat Film, Cek Toko Sebelah Dibuatkan Serial

Kompas.com - 18/12/2018, 12:58 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Cek Toko Sebelah akhirnya dibuatkan serial setelah menuai sukses di layar lebar dengan meraup 2,5 juta penonton pada 2017. Serial itu akan tayang di layanan video on demand HOOQ.

Sutradara dan penulis skenario Cek Toko Sebelah versi film sekaligus serialnya, Ernest Prakasa, mengatakan bahwa cerita yang akan diangkat bakal tertuju pada karakter Erwin di masa cuti bekerja.

"Ini terjadinya bukan setelah film, tapi di tengah-tengah film. Jadi pas Erwin cuti satu bulan di film, itu timeline yang berjalan," kata Ernest dalam wawancara di Bluegrass, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/12/2018).

Baca juga: Film Seri Cek Toko Sebelah Kisahkan Ernest Prakasa Jaga Toko Sebulan

Ernest mengaku tidak sendirian dalam menggarap serial ini. Ia mengandeng dua sutradara untuk berkolaborasi sekaligus membantunya dalam penggarapannya. Mereka adalah Arie Kriting dan Bene Dion.

"Ada tiga sutradara, aku, Aries Kriting, dan Bene Dion. Jadi kami bagi masing-masing empat episode dari total 12 episode," kata Ernest.

"Jadi kenapa tiga? Jadi industri sedang berkembang dan butuh kru baru, harus ada regenerasi, kita kekurangan kru saat ini di segala lini. Di sini juga ada enam penulis. Jadi alasannya sesederhana itu," kata dia lagi.

Menurut Ernest, tidak mudah untuk membuat komedi sebuah serial dibandingkan dengan versi filmnya.

"Karena ini sitkom, jadi fokus beratnya di komedi-komedinya," kata Ernest.

"Yang harus dipahami adalah science comedy-nya sih," timpal Arie.

Chief Content Officer HOOQ Jennifer Batty mengatakan bahwa pihaknya senang bisa menghadirkan produksi serial ini. Menurut dia, konten yang menghibur amat menarik untuk disuguhkan kepada masyarakat.

"HOOQ dan Starvision yakin dengan memproduksi Cek Toko Sebelah dalam bentuk serial akan mendapat respons yang sangat positif dari masyarakat," ujar Batty.

Baca juga: Cek Toko Sebelah Akan Diputar di Bioskop China

Cek Toko Sebelah The Series akan mulai tayang di HOOQ pada 19 Desember 2018. Akan ada 12 episode yang akan tayang setiap pekannya.

Kisah series ini akan bercerita tentang Erwin (Ernest Prakasa) yang ingin memajukan toko milik ayahnya, Koh Afuk (Chew Kin Wah), agar lebih modern dan efisien.

Erwin melihat kondisi toko masih menggunakan cara lama yang tidak efieisn. Namun, Koh Afuk merasa ragu dengan rencana sang anak.

Series ini akan tetap dibintangi oleh sederet pemain dalam versi film. Mereka adalah Ernest Prakasa, Chew Kin wah, Dodit Mulyanto, Awwe, Adjis Doaibu, Yusril Fahriza, Arafah Rianti, Dion Wiyoko, Gisella Anastasia, dan Adinia Wirasti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com