Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Chef Haryo Memasak di Lokasi Longsor Sukabumi

Kompas.com - 17/01/2019, 08:52 WIB
Reni Susanti,
Kistyarini

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Korban longsor di Kampung Garehong, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, mendapatkan sajian dari chef Haryo Pramoe.

Dengan bahan dasar ayam dan bumbu-bumbu khas indonesia, Chef Haryo langsung memasak di hadapan para korban longsor yang selamat.

Sebab biasanya, di lokasi bencana, korban makan seadanya. Mulai dari mi instan, nasi kotak, hingga makanan kalengan yang dikirim para donatur.

“Namun saya datang ke sini ingin memberikan sesuatu menu yang berbeda... seperti layaknya mereka makan di restoran ternama,” ujar chef Haryo dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (16/1/2019) malam.

“Hari ini saya akan memasak Sawarma Chiken dengan Roti Pizza, di mana anak-anak di sini akan mendapatkan rasa yang enak dan tentunya menghibur serta memberikan dampak psikologis yang baik dan bisa memberikan semangat positif,” tambahnya.

Seusai memasak, Chef Haryo membagikan masakannya kepada anak-anak. Mereka terlihat bergembira dan menikmati makanan dengan lahap.

Ketua Tim Trauma Healing Jabar Bergerak, Zaini Alif menuturkan, timnya sengaja mengemas trauma healing dengan cara lain, seperti memasak oleh chef professional serta hiburan musik dari The Changcuters.

“Alhamdulilah warga di desa ini cukup terhibur dan sejenak melupakan rasa sedihnya,” tutur Zaini.

Ia mengungkapkan, konsep seperti ini mungkin cocok diterapkan di tempat bencana. Cara ini, setidaknya bisa memberikan rasa gembira dan bahagia.

“Mereka tidak sendiri, kita ada untuk para korban,” pungkasnya. 

Baca juga: The Changcuters Hibur Korban Longsor di Sukabumi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com