Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estudiante Ingin Hidupkan Kembali Tren Musik Anak-anak Indonesia

Kompas.com - 24/01/2019, 20:19 WIB
Andika Aditia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Regenerasi musik anak di Indonesia terbilang sedikit, berbagai ajang menyanyi anak-anak yang ada pun hanya menampilkan mereka membawakan lagu dewasa.

Melihat fenomena itu, sebuah band anak asal Semarang bernama Estudiante, coba kembali membangkitkan tren musik anak di Tanah Air yang mulai meredup.

Band ini beranggotakan Sabian (bass), Freya (vokal), Dzaki (keyboard), Putra (gitar), dan Rakha (drum).

Tak ingin main-main, band ini menjadikan Tantri KotaK dan Arda NAFF sebagai mentor.

Baca juga: Arda NAFF Punya Utang Lagu pada Istrinya Tantri Kotak

Menurut Tantri, kehadiran mereka patut diapresiasi, karena berusaha kembali memberikan lagu-lagu yang layak untuk anak-anak.

"Kita merasa perlu ada sosok idola untuk anak kecil. Mereka (Estudiante) punya potensi yang luar biasa, menyanyikan karya sendiri dan mereka tumbuh dari festival ke festival," ucap Tantri saat ditemui dalam peluncuran album perdana Estudiante berjudul "Jalan-jalan Saja" di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/1/2019).

Sebagai bentuk pembaruan, Estudiante hadir dengan genre musik progressive rock, namun tetap dengan lirik lagu yang sarat akan jiwa anak-anak.

Beberapa lagu seperti "Lompat", "Jalan-jalan Saja", dan "Suka Bersih" adalah buktinya.

Sementara menurut pengamat musik Bens Leo, hadirnya band ini adalah bukti jika anak-anak juga mengalami perubahan seiring zaman yang berbeda.

"Lagu mereka warnanya berbeda dan bisa menunjukkan skill anak-anak di atas rata-rata, itu lagu yang luar biasa," ucap Bens Leo saat ditemui di lokasi yang sama.

Dalam album perdana ini, Estudiante memiliki sepuluh lagu, dimana terdapat beberapa lagu daerah dan nasional di dalamnya, seperti "Indonesia Pusaka", "Si Patokaan", dan "Potong Bebek Angsa".

Baca juga: Demi Caption Menarik, Suami Tantri KotaK Bermeditasi di Kamar Mandi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com